Ayo Jaga Sang Garuda

Gunung Ciremai merupakan habitat ideal bagi elang Jawa (Nisaetus bartelsi). Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) telah memonitor elang ini di sepuluh lokasi pengamatan. Di penghujung tahun 2018, lahir satu individu di Lembah Cilengkrang, sehingga total individu yang tercatat sebanyak 25 ekor.

Hadirnya individu elang jawa itu menambah gairah pegawai TNGC dan pengelola wisata Lembah Cilengkrang. Kerja ekstra keras bagi elang ini menjadi prioritas. Tidak menunggu lama, upaya melalui patroli pengamanan pun secara otomatis berjalan demi sang garuda tetap aman disarangnya.

Pengamanan habitat dan populasi elang jawa ini bertujuan menjamin dan melindungi habitat dan elang jawa dari aktivitas yang menganggu. Salah satunya pengamanan pohon sarang dari penebangan liar dan aktivitas manusia seperti kebisingan dan hilir mudik di sekitar sarang. Harapannya harian elang jawa tidak terganggu sehingga induk mengasuh serta memberi makan anak di sarang berlangsung normal. Selain itu, kegiatan ini akan meminimalkan kegiatan yang tidak bertanggung jawab yakni perburuan liar.

SobatCiremai, Elang jawa adalah satwa langka dan terancam punah. Populasinya di alam hanya tersebar di tempat tertentu termasuk Gunung Ciremai. So, mari kita jaga elang jawa agar tetap lestari di alam.


[Teks © Fuad, Foto © Hetty – BTNGC | 022019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: