Harendong Bulu, Tumbuhan Hutan Kaya Manfaat

#sobatCiremai, pernah mendengar Harendong bulu kan?. Bagi sobat yang sering berkegiatan di alam bebas pasti tidak asing lagi dengan tumbuhan ini. Apalagi bagi pecinta alam, biasa akan memanfaatkan buah tumbuhan ini sebagai makanan bertahan hidup.

Jenis dengan nama latin “Clidemia hirta” ini masuk dalam keluarga “Melastomataceae”. Banyak tumbuh di pinggiran hutan, daerah terbuka sekitar perkampungan dan tepian sungai.

Tumbuhan ini pun mudah dikenali. Duri-duri halus menyerupai rambut menghiasi batang dan daun. Buahnya kecil berbentuk bulat telur dan mengelompok. Saat muda buah berwarna hijau. Lalu akan berubah keunguan ketika masak.

Daun dan akar dari tanaman ini ternyata berkhasiat obat. Daun biasa sebagai penutup luka dan menghentikan pendarahan akibat gigitan lintah ataupun pacet. Caranya cuci beberapa lembar daun tumbuhan ini. Lalu daunnya remas dan letakan pada luka.

Akar tumbuhan ini sebagai bahan untuk mengobati demam yang disebabkan oleh keracunan. Caranya dengan merebus akar harendong bulu dengan satu gelas air sampai sisa setengah gelas kemudian tiriskan dan diminumkan.

#sobatCiremai, itulah sebagian besar manfaat harendong bulu bagi kesehatan. Tumbuhan hutan yang kaya akan manfaat. So, mari kenali tumbuhan negeri ini dengan baik dan benar.

[Teks & Foto © Taufikurohman-BTNGC | 022019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: