Keanekaragaman Burung Dari Dua Tipe Habitat Di Blok Semplo Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Kuningan Resort Darma Taman Nasional Gunung Ciremai

ABSTRAK

Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai merupakan potensi sumberdaya hayati hutan primer yang mendukung kehidupan flora dan fauna salah satunya adalah burung. Keberadaan burung dikawasan Taman Nasional Gunung Ciremai mendapat tekanan dari aktifitas manusia berupa penggarapan lahan yang akan berpengaruh terhadap perubahan habitat, hutan primer sebagai habitat satwa semakin lama semakin berkurang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keanekaragaman burung dari dua tipe habitat di blok Semplo. Data yang dikumpulkan meliputi data sekunder dan data primer : Data sekunder didapatkan melalui studi literatur buku panduan, Jurnal, hasil penelitian sebelumnya, bulletin. Data primer yang dikumpulkan adalah Daftar jenis burung yang ditemukan, jumlah individu setiap jenis dan frekuensi perjumpaan serta data pendukung lainnya diperoleh dengan menggunakan metode IPA (Indices Ponctuels d’Abundance). Dari data hasil pengamatan burung pada hutan alam dan lahan garapan ditemukan 35 jenis. Dihutan alam dijumpai 27 jenis terdiri dari 164 individu dan dilahan garapan dijumpai 15 jenis terdiri dari 62 jenis individu. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan Index keanekaragaman Shannon diperoleh nilai keanekaragaman jenis di hutan (H’) = 2.9279 dan dilahan garapan (H’) = 2.4780. Sedangkan berdasarkan Index Similarity Kesamaan jenis diperoleh hasil dengan nilai (IS) = 23.8095 %.

Riset Lainnya
Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: