Keanekaragaman Hayati Tersembunyi Lembah Cilengkrang


.
Udara dingin dan kabut tipis yang mulai tersibak sinar mentari perlahan memudar. Kami memulai perjalanan pagi itu (30/01) dengan napas sedikit terengah-engah menjejak jalan yang licin berbatu. Ya, kami menuju lembah di lereng timur gunung Ciremai yakni Lembah Cilengkrang.
.
Lembah Cilengkrang memiliki karunia dengan ragam pesona. Mulai dari pemandangan alam yang indah, curug yang menakjubkan, dan kolam air panas yang memanjakan pengunjung. Konon ceritanya, air panas Lembah Cilengkrang dapat memulihkan rasa capek, pegal, lelah dan lesu serta dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit karena mengandung campuran sulfur dan belerang.
.
Selain pesona tersebut, Lembah Cilengkrang memiliki keanekaragaman hayati baik flora dan fauna. Sobat akan menemui fauna seperti lutung, surili, kupu-kupu, capung, dan burung termasuk sang maskot kita, elang Jawa.
.
Tidak hanya itu, ceritanya ular besar juga masih menghuni lembah ini. Itu berdasarkan penuturan Basir, anggota kelompok Kompepar Pajambon yang telah menjaga Lembah Cilengkrang selama hampir dua dekade.
.
Sobat tidak perlu khawatir terkait itu. Sudah sewajarnya di alam kita akan menemui satwa-satwa tersebut. Justru akan menarik bila kita mampu bertemu. Intinya selama kita tidak mengganggu, kita juga tidak akan diganggu.

Selain fauna, sobat juga dapat melihat flora di sini sebagai penambah khazanah keindahan alam. Pengunjung dapat menyaksikan beragam jenis jamur, pinus, puspa, peutag, lame dan jenis lainnya. Untuk pohon Pulai (Lame, red) dapat dijumpai pada jalan setapak tidak jauh dari pintu masuk objek wisata ini. Sobat mesti sudah mafhum wayang golek?. Nah, pohon inilah bahan yang pengrajin gunakan dalam membuatnya.
.
#sobatCiremai, Lembah Cilengkrang tidak hanya alamnya yang indah. Kehidupan fauna dan flora juga menjadi bagian menarik untuk disaksikan. So, ayo sobat berkunjunglah ke Lembah Cilengkrang sebagai pengisi kebutuhan liburan. Jangan lupa ya sobat, jadilah pengunjung yang bertanggungjawab bagi alam.
.
[Teks & Foto © Gandi, Oman Depe, Awan, Aswad, Adit – BTNGC | 022019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: