Si “Don’t Touch Me” Yang Banyak Khasiat


.
Pasti sobat sudah tidak asing kan dengan tumbuhan merambat ini. Jenis yang merupakan gulma “invasif” ini tumbuh subur di daerah terbuka ataupun lokasi teduh dan tidak terganggu.
.
Tumbuhan ini merupakan jenis perdu. Berukuran pendek termasuk anggota suku polong-polongan. Bunganya ungu sedikit merah jambu. Kita mudah mengenali saat melihatnya.
.
Tanaman ini punya keunikan. Saat tersentuh ataupun tertiup akan langsung menutup. Tumbuhan dengan nama latin “Mimosa pudica” memang sangat sensitif. Tanaman ini kerapkali disebut juga tanaman mengantuk, tanaman tindakan, dan yang keren dijuluki tumbuhan “don’t touch me”.
.
Kebiasaan unik ini terjadi karena perubahan tekanan “turgor” pada tulang daun. Rangsang tersebut juga berpengaruh terhadap daun lain yang tidak ikut tersentuh. Gerak ini terkenal dengan “seismonasti”.
.
Fenomena gerak tersebut tidak berdiri sendiri loh. Rangsang sentuhan “tigmonasti” juga berpengaruh. Sebagai contoh, putri malu menguncup saat matahari terbenam dan merekah kembali setelah matahari terbit.
.
Selain itu, tumbuhan ini juga menutupkan daun saat melindungi diri. Ketika ada hewan pemakan tumbuhan “herbivora” yang ingin memakannya. Sebab lain hewan tidak memakannya karena warna daun bagian bawah putri malu warna pucat. Sehingga mengurangi selera makan hewan.
.
Tidak hanya unik, putri malu juga bermanfaat sebagai bahan obat. Karena punya sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, anti biotik, anti mikrobial, anti-kuman, penenang organ tubuh, ekspektoran dan kontraseptif.
.
Walaupun namanya pemalu, manfaat tumbuhan ini tidak memalukan. Tumbuhan ini dipercaya dapat meningkatkan stamina bagi pria. Bagian yang diolah adalah daunnya.
.
Selain itu, khasiat lainnya juga telah tercatat. Manfaat tersebut yakni untuk mengobati diabetes, menghentikan pendarahan dan mencegah infeksi, mengobati demam, meredakan nyeri. Juga dipercaya mampu mengobati rematik, melancarkan saluran kemih, meredakan disentri, mengobati lepra (kusta), wasir, dan penyakit kuning. Ada pula yang memanfaatkan sebagai obat asma, mengatasi nyeri organ kewanitaan dan rahim, melawan peradangan, mengatasi kelelahan, leucoderma, dan penyakit yang berkaitan dengan darah. Wow sobat, ternyata manfaatnya banyak sekali ya!
.
#sobatCiremai, kerapkali kita tidak menyadari tumbuhan di sekitar punya manfaat lebih. Seperti putri malu ini, terlihat tanpa ada nilainya. Tapi ternyata menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan manusia. So mari tetap kenali tumbuhan sekitar kita dengan benar. Ayo jaga kelestarian lingkungan dimulai dari diri kita sendiri ya sobat.
.
[Teks & Foto © Ahmad Fuad-BTNGC | 022019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: