Uncal Buau, Si Burung Tambun Dan Pemalu


.
Uncal buau adalah salah satu burung penghuni gunung Ciremai. Penampakan burung ini cokelat bernoktah hitam dengan mata berwarna merah. Badannya tambun menjadi ciri pembeda dengan uncal yang lain.
.
Burung ini merupakan jenis pemalu. Acapkali terlihat sendiri terbang cepat melewati sela-sela pohon. Lalu hinggap di dahan pohon yang terbuka. Apabila sobat bertemu langsung, uncal akan menjungkitkan ekor sambil menengok kanan kiri kemudian terbang.
.
Berbeda bila sobat memakai “kamuflase” dan mengamatinya saat makan. Sobat akan melihat burung ini bergerombol. Kadang pula terlihat berebut makanan sehingga menimbulkan suara gaduh.
.
Burung dari keluarga merpati ini suka makan buah sekaligus bijinya. Nah biji tersebut tidak akan tercerna dan akan keluar dengan sisa makanan lain. Sehingga si uncal akan membantu menyebarkan biji tumbuhan pakannya.
.
#sobatCiremai, ternyata meskipun uncal buau berbadan tambun dan punya sifat pemalu, tapi mampu loh berperan positif bagi alam. So, lebih baik kita tetap menjaga uncal ini hidup bebas agar dia terus melanjutkan kontribusi besar terhadap alam.
.
[Teks & Foto ©Dwi S-BTNGC | 022019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: