Ada Apa Di Balik “Bedah Buku Menggapai Puncak Ciremai, Atap Tertinggi Jawa Barat”


.
Selepas gegap gempitanya “opening ceremony” Indonesia Outdor Festival (Indofest) 2019, digelar “talkshow” interaktif “Bedah Buku Menggapai Puncak Ciremai, Atap Tertinggi Jawa Barat”.
.
Secara interaktif, “talkshow” ini dipandu oleh Kuswandono, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) dengan menghadirkan beberapa narasumber yang memiliki ‘ikatan batin’ dengan gunung Ciremai.
.
Ir. Wiratno, MSc, Direktur Jenderal KSDAE, Harley Bayu Sastha, penulis buku & penggiat alam bebas, Medina Kamil, eks Presenter Jejak Petualang, dan Yusuf “Oeblet”, budayawan nasional kelahiran kaki gunung Ciremai adalah narasumber dimaksud.
.
#sobatCiremai, semua narasumber sepakat memberikan apresiasi terhadap penyusunan buku ini karena mampu menjawab tuntutan para petualang pendakian milenial akan sebuah panduan yang utuh dan penuh makna dalam menjelajahi trek pendakian gunung Ciremai.
.
“Prinsipnya, seorang pendaki yang hebat bukan hanya yang mampu menaklukan puncak gunung. Tapi mampu juga untuk tidak ‘nyampah’ di gunung. Itu yang terpenting dalam pengelolaan pendakian gunung Ciremai”, kata Wiratno, Direktur Jenderal KSDAE.
.
Hal itu diamini Yusuf “Oeblet”, budayawan nasional kelahiran Cilengkrang, kaki gunung Ciremai, “Bila dibandingkan dengan tahun 1970an, pengelolaan pendakian gunung Ciremai sekarang lebih maju dan relatif lebih bersih dari sampah serta yang terpenting adalah mampu menggerakkan roda ekonomi masyarakat di kaki gunungnya”.
.
Sementara Harley Bayu Sastha selaku penulis buku mengatakan, “Dari sekian banyak ‘spot’ pendakian gunung di Indonesia, Ciremai memiliki nilai keunikan tersendiri yang membuat dirinya merasa tertantang untuk ikut menorehkan sebuah karya penuh makna bagi para pendaki”.
.
Setali tiga uang, Medina Kamil mengutarakan bahwa Ciremai memiliki kesan tersendiri dalam perjalanan hidupnya. Ciremai merupakan gunung yang pertama kali berhasil didaki dengan berbagai cerita “chemistry” dan eksotisme keindahan alamnya.
.
Di penghujung “talkshow”, audiens dimanjakan dengan klip video yang menceritakan perjalanan singkat penyusunan buku pendakian ini.
.

Untuk menarik minat pengunjung Indofest mengikuti “talkshow” ini, disela-sela dan diakhir sesi dilakukan kuis interaktif yang menyuguhkan beragam hadiah menarik, termasuk buku “Menggapai Puncak Ciremai, Atap Tertinggi Jawa Barat”.
.
So, bagi sobat Ciremai yang penasaran dengan buku ini serta informasi detail terkait pendakian gunung Ciremai melalui 4 jalur pendakian yang ada, yaitu Linggajati, Linggasana, Palutungan dan Apuy. Ayo segera kunjungi “booth“ Balai TNGC nomor 67 di Indofest 2019, JCC Jakarta. Setiap hari disediakan buku gratis dan hadiah menarik lainnya dengan mengikuti kuis “on-site”.
.
Oh ya, selamat kepada para pemenang hadiah yang berhasil menjawab pertanyaan narasumber dengan tepat. Semoga hadiahnya bermanfaat bagi sobat.
.

[teks © Eska NS, foto © Momon Biro Humas KLHK-BTNGC| 032019]

.
#klhk
#ayoketamannasional
#gunungciremai
#palutungan
#linggajati
#linggasana
#apuy
#indofest2019
#pesonaindonesia
#wonderfulindonesia


.

[teks © Eska NS, foto © Koeszky-BTNGC| 032019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: