Beginilah Aksi Bersih Sampah Plastik Gunung Ciremai


.
Cuaca mendung tidak menghalangi bersih sampah pagi ini (4/3). Karena seluruh elemen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menggelar acara bersih sampah serentak. Ya, Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) bersama Mitra Pengelola Gunung Ciremai (MPGC) turut menggelar kegiatan tersebut.
.
Bersih sampah sebagai peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ini terpusat di tiga lokasi. Lokasi tersebut yakni bumi perkemahan (buper) Ipukan, buper Palutungan, dan pendakian Apuy. Selain lokasi itu, pengelola wisata lainnya juga turut menyelenggarakan.
.
Ratusan peserta bergerak dalam aksi ini. Baik dari pemerintah daerah, aktivis lingkungan, Pelajar dan masyarakat sekitar. Mereka saling bekerjasama memungut dan memilah sampah. Sampah yang telah terpilah itu, nantinya dapat dimanfaatkan kembali terutama sampah plastik.
.
“Seluruh sampah ini akan diangkut dengan mobil sampah punya kami. Lalu diserahkan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Ciniru, Kuningan, Jawa Barat”, kata Kuswandono, Kepala Balai TNGC.
.
“Sebagian sampah plastik akan menjadi bahan ‘ecobrick’ seperti diolah menjadi kuris atau meja”, terang Kuswandono.
.
Tercatat 40 lokasi wisata alam telah berpartisipasi dalam aksi ini. Tak heran puluhan karung berisi sampah plastik berhasil dikumpulkan.
.
Sebenarnya setiap hari pun MPGC rutin memelihara kebersihan lokasi wisata alam. “Meskipun kami sudah terbiasa menjaga kebersihan, tapi kegiatan ini sangat baik untuk meningkatkan kesadaran hidup bersih”, ungkap Jawil, pengelola buper Ipukan.
.
#sobatCiremai, sejak dulu plastik memang sudah dalam setiap lini kehidupan kita. Kini plastik-plastik tersebut menjadi masalah yang melilit kita. Salah satu cara termudah mengatasinya yakni dengan mengurangi pemakaian plastik seperti menggunakan “tumbler”. So, ayo kelola sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai.
.
[Teks & Foto © BTNGC | 032019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: