Cara Unik Pengelolaan Gunung Ciremai


Data adalah hal penting dalam setiap pengelolaan organisasi baik pemerintah maupun swasta. Banyak cara untuk mendapatkannya. Namun modifikasi berbeda yang tidak biasa dapat dikatakan sangat jarang.
.
Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) mempunyai keunikan dalam hal ini. Metode pengumpulan data dikemas sehingga mempunyai bentuk informasi pengelolaan kawasan konservasi berbasis data yang baik dan unik.
.
“Gendongan” namanya, dulu konsep ini tercetus dari arahan Direktur Jenderal KSDAE, Wiratno, tentang spesifikasi spesies. Kemudian Padmo Wiyoso, Kepala Balai TNGC waktu itu, mengembangkan arahan tersebut menjadi metode pengumpulan data. Bahkan sampai tahap memunculkan manfaat ekonomi bagi masyarakat.
.
Apa sih gendongan?. Metode gendongan adalah memberikan keleluasaan kepada seluruh pegawai untuk menekuni suatu bidang tertentu baik itu berupa flora, fauna ataupun cara mengelola kawasan. Sehingga nantinya data ekologi dan ekonomi yang bermanfaat tersedia dan dapat membantu pengelolaan dan kesejahteraan masyarakat.
.
Hingga saat ini di bawah kepemimpinan Kuswandono, metode gendongan tetap di pertahankan. Bahkan disempurnakan dengan pembuatan tulisan ilmiah yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.
.
#sobatCiremai, itulah gendongan. Cara unik memberikan warna penting kawasan TNGC. So, mau tau banyak tentang gendongan?. Wimak terus IG gunung Ciremai ya sobat.
.
[Teks & foto © Asep Badak-BTNGC | 032019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: