Jamur Bulan, Si Liar Yang Istimewa

Sobat pasti tahu bahwa jamur liar ada yang beracun dan tidak. Saat kita berada di alam bebas, pengetahuan tentang jamur akan sangat berguna. Mengingat hutan adalah habitat sebagian besar tumbuhan ini.

Mengenal jamur yang aman dikonsumsi tentunya akan memberikan manfaat. Apalagi bagi para pecinta petualangan di alam bebas. Salah satu jamur hutan yang bisa dimakan yakni jamur bulan.

Jamur bulan atau “Gymnopus sp” adalah jenis jamur liar yang aman dikonsumsi dan paling istimewa. Kenapa bisa begitu sobat?. Ya, jamur ini punya rasa yang lebih enak bila dibandingkan rasa daging.

Jamur bulan tumbuh dan hidup pada musim penghujan. Berkembang biak secara berkelompok di tanah yang lembab atau di akar tanaman. Jamur ini punya tudung putih atau kecoklatan serta putih bersih.

Apabila sobat masih bingung menbedakan jamur beracun atau tidak, berikut ulasan umum ciri-ciri jamur yang tidak beracun. Pertama, kita dapat mengenali dari warna yang tidak mencolok serta cincin pada pangkal batangnya tidak ada.

Kedua, tidak mengeluarkan aroma yang menyengat. Saat kita memotongnya tidak meninggalkan noda pada pisau. Ketiga, ketika sobat mengoleskan jamur ini ke kulit, tidak menimbulkan gatal. Keempat, ketika kita memasaknya, tidak terjadi perubahan warna.

#SobatCiremai, mengenali karakteristik jamur adalah hal yang sangat penting. Sebaiknya sobat mengkonsumsi jamur yang telah diketahui dapat dimakan seperti jamur bulan. So, ayo kenali jenis jamur hutan, agar petualangan sobat di alam bebas semakin sempurna.

[Teks & Foto © Aom Muhtarom-BTNGC | 022019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: