Mengintip Rencana Tim Jelajah 54 Taman Nasional Indonesia


.
Masih dari Indofest 2019, setelah “talkshow” mengupas buku “Menggapai Puncak Ciremai”, acara berlanjut mengintip rencana jelajah 54 taman nasional Indonesia. Sebenarnya rencana tersebut sudah dimulai. Minggu lalu tim telah melakukan penjelajahan pertamanya yakni di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).
.
Pembicara “talkshow” ini yakni Medina Kamil, Eks Presenter Jejak Petualang, Panji Arya, pengusaha peralatan “outdoor”, Harley B. Sastha, penulis buku dan Wiratno, Dirjen KSDAE Kementerian LHK. Sedangkan Kuswandono, Kepala Balai TNGC memandu “talkshow” kedua ini.
.
Tim menjelaskan latar belakang rencana ini. Harley B. Sastha menjelaskan bahwa rencana ini berawal dari obrolan santai. Tapi ini penting menurutnya, “Kita tidak hanya berswafoto saja tetapi juga dapat kenal, edukasi bahkan pengalaman lebih”.
.
Begitu pula menurut Panji Arya, “Mengenali kondisi taman nasional tentu akan memberikan motivasi agar tidak menyepelekan keselamatan petualangan alam bebas. Kuncinya adalah niat”, tutup pengusaha peralatan alam bebas tersebut.
.
Medina Kamil mengamini kedua pembicara pendahulu. “Rencana ini penting, dari tidak tahu lokasi agar tahu dan mengenal, menjelajahi, mencintai dan melestarikannya”.
.
Menurut Wiratno ini ide bagus. Direktorat Jenderal KSDAE mendukung pelaksanaan rencana ini. Harapannya masyarakat bangga terhadap kawasan konservasi terutama taman nasional.
.
Di penghujung diskusi, Kuswandono mengajak “audiens” menyaksikan klip pertama jelajah ini di Bukit Seribu Bintang TNGC.
.
#sobatCiremai, seperti apa hasil tim jelajah ini?. Yuk saksikan nanti ya.
.

[teks © Dwi S, foto © Adit -BTNGC| 032019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: