Si Ramah “Junonia orythya”

Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) punya kupu-kupu sangat beragam loh. Berdasarkan catatan, tidak kurang 160 jenis tersebar di gunung Ciremai. Jenis yang sering kita jumpai adalah “Junonia orithya minogara”.

Kupu-kupu ini sering disebut “Blue Pansy”. Jenis ini termasuk dalam keluarga “Nymphalidae” dan “subfamily Nymphalinae”.

Kebiasaan kupu-kupu ini suka berada di tempat tempat terbuka, tetapi bukan di pantai. Perilaku kupu-kupu ini senang pada kondisi hangat. Jarang sekali kupu-kupu ini sobat jumpai di tempat tinggi seperti di atas pohon. Tetapi sobat akan lebih sering melihatnya hinggap di rerumputan dan alang-alang yang terbuka.

Bagi penyuka fotografi, kupu-kupu ini sangat mudah didokumentasikan. Sangat tenang, ramah dan sadar kamera kalau sobat dekati. Asalkan jangan membuat gerakan yang tiba-tiba yang menakutinya.

Si ramah ini mempunyai lebar sayap sekitar 45 hingga 55 milimeter. Untuk membedakan jantan dan betina pun mudah loh sobat. Junonia jantan biasanya memiliki warna yang lebih cerah dari pada yang betina. Si jantan dominan berwarna biru hitam sedangkan betina cokelat dengan corak sama.

Kupu-kupu ini punya ciri khas. Sayapnya mempunyai cincin. Selain itu sayap kupu-kupu ini juga memiliki sepasang garis vertikal pada bagian atasnya.

Untuk wilayah Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Kuningan, sobat dapat menjumpai jenis ini di lokasi wisata alam Pajaten, Batu Luhur, dan Stasiun Riset Bintangot.

#sobatCiremai, masih banyak jenis kupu-kupu lain yang juga menarik loh sobat. So, nantikan edisi selanjutnya ya.

[Teks & Foto © Andri Wahyu-BTNGC | 032019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: