Silat Kodim 0615 Penuhi Janji Tanam Pohon Di Gunung Ciremai


.
Kabut tipis melayang di antara pepohonan dan ilalang pagi ini (24/3). Suara aneka burung dan serangga saling bersahutan menyambut kedatangan rombongan manusia. Suhu udara terasa sejuk cenderung dingin karena memang berada 1500 meter di atas permukaan laut (mdpl) di daerah Palutungan.
.
Namun semua itu tak menyurutkan langkah mereka yang hendak menanam pohon di blok Gunung Gundul, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Kuningan.
.
Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Komando Distrik Militer (Kodim) 0615 Kuningan, Pramuka Saka Wirakartika, Siliwangi Adventure Trail (Silat), Trail Adventure Club Kuningan, Perum Perhutani Kuningan, dan Masyarakat Mitra Pengelola Wisata Gunung Ciremai (MPGC) ialah peserta penanaman bibit pohon kali ini.
.
Acara ini merupakan inisiasi Silat yang tempo hari menjanjikan penanaman pohon terkait rangkaian kegiatan bakti sosial di beberapa desa sekitar kawasan TNGC. Namun tidak ada salahnya bila sekaligus untuk berpartisipasi dalam memperingati Hari Bakti Rimbawan Tahun 2019. Silat yang memang komunitas binaan Kodim layak mendapatkan apresiasi karena benar-benar memenuhi janjinya.
.
“Kegiatan ini wujud kepedulian kita terhadap lingkungan hidup. Karena kita sadar manfaatnya bagi semua makhluk”, kata Kolonel Infantri Daru Cahyadi, Komandan Kodim 0615 Kuningan.
.
Sebanyak 1500 bibit pohon akan ditanam. Pagi ini ditanam 25 pohon dulu sebagai simbolis langkah awal. Sedangkan sisanya akan ditanam Silat secara berkelanjutan setelahnya.
.
Jenis pohon yang ditanam ini tergolong agak langka seperti Ki Putih, Caruy, Ki Meong, Laban, Saninten, Pasang, Ki Cangkudu, dan Ki Bima.
.
“Terima kasih semuanya. Semoga kegiatan ini menjadi langkah awal pemulihan ekosistem gunung Ciremai secara swadaya”, ungkap Kuswandono, Kepala Balai TNGC.
.
Hadirin tampak antusias mengikuti acara penanaman kali ini. Lebih dari 30 orang hadir pagi tadi.
.
“Walapun hari libur sekolah tetap senang menanam pohon karena akan banyak gunanya. Misalnya udara semakin segar karena banyak oksigen”, ucap Tika Santika, Pramuka Saka Wirakartika, binaan Kodim 0615.
.
#sobatCiremai, setiap pohon yang kita tanam pasti menghasilkan manfaat yang besar bagi kehidupan. Contohnya meningkatkan jumlah oksigen, mencegah bencana longsor, dan tentunya membantu mengatur tata air sehingga kita tidak kekeringan di musim kemarau dan tidak kebanjiran di musim hujan.
.
So, ayo kita tanam pohon dan jangan lupa merawatnya ya sobat!
.
[Teks © Tim Admin, foto © koezky-BTNGC | 032019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: