Eloknya Anggrek Gunung Putri


.
Gunung Putri, sebenarnya salah satu bukit yang ada di lereng timur gunung Ciremai. Bagi sobat yang pernah menjelajah gunung Putri, pasti akan mengagumi keindahan alam spot ini.
.
Gunung yang punya tinggi mencapai 1600 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini merupakan bagian Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Kuningan. Lokasi ini secara administrasi masuk ke wilayah desa Sukamukti, Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat.
.
Potensi alam Gunung Putri sangat luar biasa. Antara lain yakni keragaman jenis flora dan fauna yang sangat melimpah. Tingginya keragamanan flora dan fauna menempatkan lokasi ini sebagai rujukan lokasi penelitian di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).
.
Salah satu potensi flora yang melimpah tersebut adalah jenis anggrek, baik jenis epifit maupun terestrial. Umumnya anggrek akan ditemui ditemui pada ketinggian 1350 mdpl.
.
Tercatat 14 jenis anggrek telah berhasil teridentifikasi. Jenis tersebut yakni “Aerides odorata”, “Appendicula sp.”, “Bulbophyllum flavescens”, “Bulbophyllum obtusipetalum”, Bulbophyllum sp, “Calanthe triplicata”, “Cymbidium lancifolium”, “Dendrobium sp”, “Eria sp.”, “Malaxis junghuhnii”, “Malaxis slametensis”, “Nervilia aragoana”, “Pholidota sp.”, dan “Oberonia similis”.

#sobatCiremai, anggrek Gunung Putri adalah nilai penting keanekaragaman hayati ekosistem gunung Ciremai. Nilai penting tersebut tentu berguna, baik secara ekologi, ekonomi maupun sosial budaya. Nah oleh karenanya kita sebagai generasi milenial wajib menjaga kelestariannya agar nilai penting tersebut terwariskan ke anak cucu kita kelak.
.
[Teks & Foto © Azis AK – BTNGC | 052019

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: