Mengenal Si Hitam “Papilio paris”

SobatCiremai, melimpahnya jenis kupu-kupu di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) sudah tidak diragukan lagi. Salah satunya adalah jenis si hitam ini yang mudah kita kenali dari bentuk fisiknya. “Papilio paris” namanya atau disebut juga “Paris peacock” adalah kupu kupu yang berasal dari Australasia atau “Indomalaya ecozone” (Australia).

Kupu kupu ini adalah anggota keluarga “Papilionnidae” yang kebanyakan memiliki ukuran besar dengan warna dasar sayap hitam dan putih. Spesies ini memiliki sayap depan berwarna hitam dengan lebar sekitar 8 sampai 10 centimeter (cm). Sayap belakang berwarna hitam dan berekor dengan bagian tepi bergelombang.

Area hijau metalik yang luas mendominasi sayap kupu-kupu ini. Secara keseluruhan sayap terlihat bersisik hijau. Di tepi bagian dalam ada titik menyerupai mata.

Bagian sayap berwarna coklat gelap. Ujung sayap dan area di sekitar tubuh terlihat sisik keputihan. Di tepi luar ada pita putih dengan urat gelap. Mungkin karena keindahan sayapnya inilah jenis ini dinamakan sama dengan kota di Eropa Barat, Paris.

Terus dimana sobat akan menjumpainya?. Di TNGC sobat akan mudah menemui kupu-kupu ini di sekitar Curug Panglengseran, Situs Lingga Desa Sagarahiang, Kecamatan Darma. Selain itu, sobat juga dapat melihatnya di sekitar Curug Cisurian lokasi wisata alam Bumi Perkemahan Ipukan, Palutungan Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur. Kedua wilayah tersebut termasuk Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Kuningan.

Kupu-kupu ini ternyata menyukai tempat-tempat yang basah loh sobat. Hal ini sesuai dengan karakter kupu-kupu yang sangat menyukai habitat dengan kelembaban tinggi seperti lokasi di pinggir sungai.

#sobatCiremai, sekarang sudah tahu kan si hitam “Papilio paris” dan dimana ketemunya?. So, ayo kita amati lebih dalam yuk tentang perilakunya. Terus kenali keanekaragaman hayati gunung Ciremai.

[Teks & Foto © Andri Wahyu-BTNGC|052019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: