Angin Kencang Jalur Pendakian Via Palutungan

Hai #sobatciremai, bagi para pendaki sudah seharusnya perlu mencari informasi keadaan gunung yang akan di daki. Perlu diketahui pula keadaan iklim dan perlengkapan yang memadai. Teruntuk para pendaki gunung Ciremai via Palutungan, Cisantana.

Sekarang sudah masuk musim kemarau ya sobat. Itu ditandai suhu semakin rendah dan angin yang berhembus sangat kencang. Ya, angin di wilayah Cisantana saat ini sedang kencang kencangnya. Ditambah angin tersebut juga terasa sangat dingin.

Tahu ga sih sobat, kenapa itu terjadi?. Ya, biasanya karena dipengaruhi jumlah awan di langit ketika musim kemarau. Saat kemarau, hampir tidak ada awan saat malam hari. Radiasi matahari yang diserap bumi saat siang akan kembali ke atas tanpa ada halangan awan sehingga suhu menjadi dingin.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, suhu di Kuningan mencapai 18° ketika malam hari. Suhu tersebut mungkin dapat lebih rendah lagi ketika dipuncak gunung ciremai.

Kecepatan angin juga perlu dicermati oleh para pendaki. Dahan ranting yang lapuk dan tua akan mudah jatuh ya #sobatCiremai. Jadi berhati-hatilah. Maka dari itu, persiapkan logistik dan perlengkapan yang akan dibawa dengan sematang matangnya dan “keep safety” ya sobat sobat.

[Teks & foto © Tim KKNT IPB-BTNGC | 062019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: