Kenali Bahasa Daerah, Rimbawan Cilik Desa Karang Sari Antusias

Pagi tadi, (27/6) mahasiswa KKN Fakultas Kehutanan IPB bersama pelajar tingkat dasar SD Negeri 1 Karang Sari bermain bersama mengenal bahasa daerah dan pulau-pulau di Indonesia. Sebanyak 40 orang anak antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Rimbawan cilik, sebutan yang pas untuk mereka. Hidup berdampingan dengan hutan serta tahu bagaimana caranya menghargai kehidupan hutan dan sumberdaya alam yang ada didalamnya. Buat mereka hutan adalah anugerah, yang memberikan manfaat sebagai penyangga manusia.

Luar biasa loh sobat, anak-anak itu mampu mendeskripsikan arti sebuah hutan. Mungkin sebagian besar orang dewasa malah cenderung acuh.

Kali ini, mereka diperkenalkan sesuatu yang baru yaitu bahasa daerah dan nama pulau di Indonesia. Melalui permainan dan alat peraga yang sederhana. Adam dan Dinda antusias dengan permainan yg dibawakan kakak mahasiswa, “seruuu” ujar mereka semangat.

#sobatCiremai, mengenalkan sesuatu sejak dini kepada anak-anak dengan cara yang menarik tentu akan memberikan daya ingat yang kuat. Adik-adik kecil penerus bangsa ini harus mengenal budaya bangsanya sendiri yang beraneka raga. Tak lupa juga mengingatkan alam dan hutan menjadi bagian yang paling penting bagi manusia.

[Teks & foto © Tim KKNT IPB-BTNGC | 062019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: