Musang Putih Ciremai, Berharap Jenis Baru Dalam “Leukisme”

Sobat Ciremai, pernahkan anda mendengar tentang Musang putih?. Sobat penasaran kan?. Yuk simak informasinya di sini.

Ini bermula dari eksplorasi potensi keanekaragaman hayati di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Ternyata ditemukan keunikan jenis satwa yakni Musang putih.

Menurut cerita masyarakat, Musang putih tersebut merupakan salah satu jelmaan makhluk penjaga gunung Ciremai.

Perjumpaan satwa ini sangat jarang. Didik Raharyono dari Peduli Karnivor Jawa menuturkan tercatat perjumpaan terakhir satwa ini di pulau Jawa adalah sekitar 100 tahun lalu.

Berbekal hasil dokumentasi, Robi, Hendri dan Sarno, petugas Balai TNGC, sementara menyimpulkan bahwa morfologinya mirip dengan Musang luwak “Paradoxurus hermaproditus”.

Identifikasi kemudian dilanjutkan bersama narasumber lainnya yaitu Erwin dari Sintas Indonesia dan Anton Conservation International Indonesia. Mereka menyimpulkan bahwa jenis tersebut merupakan jenis mamalia dari keluarga “Viverriadae”. Antara jenis Musang luwak “Paradoxurus hermaproditus” dan Musang akar “Artogalidia trivirgata”. Namun mengalami fenomena alam yang dinamakan leukisme. Disebut juga “leucism” atau “leukistik”.

Ini berbeda loh sobat dengan melanisme yang menyebabkan warna tubuh menjadi hitam seperti pada Macan kumbang!!!.

Leukisme menghasilkan akibat kebalikannya yaitu warna putih. Namun tanda tubuh khas lainnya seperti totol, lingkar ekor atau lingkar mata tetap terlihat. Fenomena ini berbeda pula dengan albinisme atau albino. Albino akan mengaburkan tanda tubuh pada mamalia menjadi sepenuhnya putih dengan kuku dan mata yang biasanya memerah.
Untuk memastikan bahwa Musang putih tersebut adalah jenis baru atau leukisme dibutuhkan penelitian dan uji ilmiah lebih lanjut. Namun apapun hasilnya, menjaga keberadaan satwa liar di alam adalah langkah nyata. Demi leatarinya ekosistem hutan Gunung Ciremai. Sehingga sobat tidak perlu menunggu ratusan tahun untuk menjumpainya kembali. Salam lestari dan salam konservasi, Sobat Ciremai dimanapun kalian berada!.

[Teks & Foto © Robi Gumilang-BTNGC | 062019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: