Pegagan, Si Penolong Pertama Untuk Pendaki Yang Luka

Sobat Ciremai, bicara tentang tumbuhan semak memang tidak akan pernah ada habisnya. Ratusan jenis tumbuhan semak di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) punya segudang manfaat. Salah satunya adalah jenis tumbuhan Antanan atau Pegagan.

Tumbuhan yang punya nama ilmiah “Centella asiatica” merupakan jenis tanaman kosmopolit karena penyebaran tanaman ini yang sangat luas.

Tumbuhan ini mudah sobat temui pada lingkungan yang lembab dan basah. Misalnya area persawahan, selokan, tepi-tepi jalan dan tepi tembok atau pagar. Dalam bahasa Inggris nama pegagan adalah “Spadaleaf dan Pohekula”.

Bagian sebagian orang, mungkin menganggap tumbuhan ini sebagai tumbuhan liar. Padahal tumbuhan ini banyak sekali khasiat dan manfaatnya.

Di TNGC, tumbuhan ini banyak dijumpai dari mulai hutan dataran rendah sampai hutan sub pegunungan. Bagi yang suka mendaki gunung Ciremai, tentu tidak asing dengan tumbuhan ini.

Sobat Ciremai, tumbuhan ini dapat menjadi pertolongan pertama bagi para pendaki yang terluka loh. Khasiatnya untuk mengobati luka baru. Karena bisa membantu menghentikan darah yang keluar dengan daunnya. Caranya daun dihaluskan lalu tempelkan ke luka.

Manfaat lainnya juga banyak yaitu sebagai penstabil tensi darah, pembersih darah, keputihan, batuk berdarah, reumatik, liver, luka bernanah, ataupun luka menahun.

Sobat Ciremai, itulah manfaat Pegagan tumbuhan liar di Taman Nasional Gunung Ciremai. So mari kita kenali flora gunung Ciremai. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk sobat Ciremai ya.

[Teks & Foto © Andri Wahyu – BTNGC|062019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: