Desa Cibuntu Masuk Nominasi HKAN 2019



Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan dari Direktorat Jenderal KSDAE dalam rangka mengangkat potensi kawasan konservasi, termasuk hubungan sosial dengan masyarakat desa penyangga.
.
Tak dipungkiri, bahwa permasalahan utama kawasan konservasi adalah hubungan sosial dengan masyarakat. Untuk mengapresiasi hal tersebut, maka Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan apresiasi terhadap desa binaan.
.
Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) mengajukan Desa Cibuntu sebagai calon penerima apresiasi desa binaan tahun ini. Desa ini merupakan salah satu desa penyangga taman nasional yang berstatus “Desa Wisata” dan telah diresmikan Bupati Kuningan pada tahun 2012.
.
Kegiatan wisata berbasis potensi wilayah desa yang bersinergi dengan potensi alam Gunung Ciremai memberikan nuansa baru di desa ini. Keterlibatan seluruh masyarakat Desa Cibuntu dalam kegiatan wisata juga telah memberikan dampak positif keberlangsungan ekonomi masyarakat desa.
.
“Tujuannya agar masyarakat tidak jauh-jauh mencari rejeki ke luar kota” tegas Awam, Kepala Desa Cibuntu.
.
Berdasarkan hasil verifikasi administasi, Desa Cibuntu masuk peringkat 10 besar dalam apresiasi desa binaan terbaik.
Terkait hal tersebut, tim penilai Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diketuai Aldila Paramitha menyambangi desa ini untuk verifikasi lapangan. “Luar biasa sudah melibatkan seluruh aspek masyarakat”, ungkap Dilla.
.
Sampai di Kantor Balai Desa, tim disambut Kepala Desa dan perangkat serta Kompepar Cibuntu. Sambil menikmati Jasreh, “welcome drink” khas Cibuntu. Kepala Desa menyambut hangat.
.
Banyak hal yang verifikasi oleh tim, khususnya peningkatan pendapatan masyarakat. “Tahun ini masyarakat bebas iuran sampah dan sembako kepada seluruh kepala keluarga dari kas kelompok atas hasil kegiatan wisata alam” ungkap Sekretaris Desa Cibuntu.
.
Tim juga diajak keliling desa, mengunjungi lokasi Curug Gongseng dengan pemandangan lereng bebatuan nan indah dan diakhiri di lokasi “glamcamp”. “Perjalanan yang menyenangkan” ucap Dini, salah satu anggota tim penilai.
.
#sobatCiremai, untuk “naik kelas” tentu ada tahapan proses yang perlu dilalui. Seperti Desa Cibuntu yang berproses untuk menjadi Desa Terbaik HKAN 2019. So, ayo dukung pengembangan wisata gunung Ciremai untuk lebih baik.
.
[Teks & foto ©️ Nisa-BTNGC | 062019]

#klhk
#ayoketamannasional
#gunungciremai
#cibuntu
#hkan
#pesonakuningan
#pesonamajalengka
#pesonaindonesia
#wonderfulindonesia

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: