Begini Meriahnya Pawai Budaya Seren Taun


.
Sejak 19 sampai 24 Agustus 2019, Paseban Tri Panca Tunggal menggelar Seren Taun. Acara ini memang rutin dilaksanakan setiap Rayagung sesuai penanggalan tahun saka Sunda di Cigugur, Kuningan, Jawa Barat.
.
Event tahunan kali ini mengusung tema “Mempertahankan Adat dan Budaya Leluhur Nusantara Demi Persatuan dan Keutuhan Bangsa”.
.
Seren Taun merupakan rangkaian upacara adat Sunda kaki gunung Ciremai selama sepekan penuh dengan acara siang dan malam.
.
Rangkaian acara Seren Taun yakni kesenian Sunda seperti musik, tarian, dan pencak silat hingga perlombaan klasik seperti egrang, rakit, balap karung, dan tarik tambang.
.
Kemarin (23/8) ada pawai budaya. Peserta pawai berasal dari Kepangeranan Paseban, kerabat keraton Singhasari, Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), masyarakat setempat, dan tamu undangan lainnya.
.
Peserta pawai mengendarai delman. Ya, karena kendaraan berkuda ini memang masih menjadi alat transportasi umum masyarakat Kuningan.
.
“Kepada seluruh peserta delman hias mohon bersiap untuk pawai”, kata penata acara.
.
Acara pawai dibuka dengan atraksi pencak silat dihadapan Pangeran Paseban dan keluarga serta pengiringnya.
.
Sebagian peserta ada juga yang mengendarai mobil hias yang dipercantik dengan satwa ikon Kuningan seperti Kuda, Ikan Dewa, Macan Kumbang, dan Elang Brontok.
.
Ada pula mobil yang dihiasi hewan mitos seperti Naga dan Harimau Jawa lengkap dengan atribut dedaunan seperti rumput dan buah aren.
.
Rute pawai dari Cigugur menuju Pendopo. Kemudian melalui Taman Kota lalu memutar kembali ke Gedung Paseban di Cigugur.
.
Warga yang dilintasi pawai ini tampak antusias. Mereka berjejer di sepanjang jalan dan ikut larut dalam kegembiraan.
.
“Senang sekali bisa melihat pawai ini. Karena semua memakai Pangsi (pakaian adat Sunda, red) dan menabuh alat musik tradisional”, ungkap Wini yang sedang menonton di jalan Siliwangi.
.
“Selain untuk melestarikan budaya Sunda, pawai ini juga bisa menjadi hiburan yang merakyat. Jadi, kalau bisa diperbanyak acara seperti ini”, tambah Hari temannya Wini.
.
#sobatCiremai, Seren Taun merupakan satu di antara ratusan budaya Sunda sebagai simbol jati diri nusantara. So, ayo lestarikan budaya sekitar kita.
.
[Teks & foto ©️ Tim Admin-BTNGC | 082019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: