Cerita Dari Puncak Gunung Ciremai Yang Terbakar



Gunung Ciremai terbakar seminggu lalu, saat Edelweis sedang bermekaran. Kejadian itu, menyisakan debu dan arang di sekitar puncak jalur pendakian Gunung Ciremai. Itu tentu akan mengurangi kenyamanan, keamanan, kepuasan bagi para pendaki. Alhasil, Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) masih menutup jalur pendakian Gunung Ciremai.
.
Tanpa perlu tahu penyebabnya apa,
Polhut dan PEH TNGC pun tak tinggal diam. Terus berupaya agar si jago merah tak mengamuk lagi (15-18/08). Pengecekan dan “mop up” dilakukan di lokasi yang masih mengasap. Selain itu, patroli juga dimaksudkan agar jalur tetap steril. “Size up” pun dilakukan untuk mengukur dan “ground check” lokasi terbakar.
.
Rasa gerah dan hangat masih terasa di lokasi bekas terbakar. Kepulan asap kecil pun masih tersisa dari akar yang terbakar. Walaupun seminggu pasca terbakar berselang. Tim pun berusaha mensterilkan dengan menyemprotkan air dan menghancurkan bara dengan tongkat.
.
#sobatCiremai, kebakaran hutan gunung Ciremai menyisakan keberkahan sekaligus kepedulian. Walaupun penyebabnya masih dirumuskan, tapi banyak hikmah dibalik kejadian ini. Banyak pula pihak berusaha membantu proses pemadaman dengan apa yang mereka punya. So, untuk para pendaki tetep bersabar ya dan jadilah pendaki yang cerdas dan bijak. Semoga atap tertinggi Jawa Barat cepat pulih.
.
[Teks & foto©️ Dwi S- BTNGC | 082019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: