Cisamaya: Duet Wisata Alam Dan Pencegahan Karhutla


.
Upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan gunung Ciremai dilakukan melalui berbagai cara.
.
Salah satu upaya tersebut adalah safari malam ke kelompok kelompok masyarakat yang berada di sekitar Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).
.
Ya, pengelola calon wisata alam Kampung Pasundan Cisamaya, desa Pasawahan, Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat mendapat kunjungan tadi malam (31/7).
.
Pertemuan tersebut di hadiri tokoh masyarakat 3 desa yaitu Paniis, Singkup dan Pasawahan.
.
Ada beberapa hal yang disampaikan oleh pihak Balai diantaranya mengajak masyarakat untuk lebih waspada dan hati-hati di musim kemarau.
.
“Kita harus selalu waspada dan mencegah kebakaran hutan dan lahan”, ungkap Kuswandono, Kepala Balai TNGC.
.
Selain itu, Kuswandono juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan ekonomi dengan menggali potensi yang ada di desa masing-masing. Tujuannya supaya masyarakat dapat menikmati manfaat jasa lingkungan gunung Ciremai.
.
“Kami setuju, keberadaan wisata alam harus menunjang keutuhan ekosistem gunung Ciremai. Salah satunya mencegah kebakaran hutan dan lahan”, tegas Barni, warga desa Pasawahan mewakili hadirin.
.
#sobatCiremai, hasil silaturahmi dengan masyarakat tersebut membuahkan komitmen untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menjaga gunung Ciremai.
.
Nah, dengan pendekatan seperti ini semoga akan membuat masyarakat merasa memiliki sehingga turut melestarikan gunung Ciremai.
.
So, ayo cegah karhutla. Salah satunya dengan bijak berwisata alam seperti mematikan puntung rokok dan tidak menggunakan perapian yang tak terkendali.
.
[Teks & foto ©️ Dadan-BTNGC | 082019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: