Helikopter Jajal Padamkan Api Dari Udara, Tim Gabungan Lanjutkan Pemadaman Darat


.
Kedatangan helikopter sejak tadi pagi (9/8) ternyata tak langsung melakukan pemadaman api. Rupanya pilot perlu melakukan observasi lapangan supaya mengenal medan di Kuningan. Selain itu, pilot juga melakukan survey lokasi sumber air.
.
Kondisi cuaca dan angin pun ternyata perlu diperhitungkan.
.
Situs weather.com mencatat cuaca cerah sampai sebagian berawan di hutan gunung Ciremai. Cuaca berkisar 2 sampai 13 derajat celcius. Sementara hembusan angin antara 10 sampai 14 kilometer per jam.
.
Adaptasi medan dan perhitungan kondisi lingkungan amat penting dilakukan sesuai prosedur yang berlaku. Ini dijalani untuk mencegah terjadinya hal yang tak diinginkan terhadap capung besi tersebut.
.
Siang ini (9/8) pesawat mulai menjajal siram api dengan air di area puncak gunung Ciremai wilayah Kuningan.
.
Sementara untuk wilayah majalengka masih menunggu kedatangan satu helikopter lagi. Untuk “Helipad” telah disiapkan di Argalingga.
.
Rencananya besok pagi dua helikopter pengebom air tersebut mulai melakukan operasi pemadaman kebakaran hutan di area puncak gunung Ciremai.
.
Sekali terbang helikopter ini mampu membawa 1000 liter air untuk ditumpahkan ke titik api.
.
Sementara itu, tim gabungan terus berupaya melakukan pemadaman darat melalui empat jalur pendakian yakni Apuy, Majalengka dan Palutungan, Linggasana, Linggajati, Kuningan.
.
Tak hanya via jalur pendakian, pemadaman dan pembuatan sekat bakar juga dilakukan melalui blok Sadarehe, Majalengka.
.
Menurut catatan Polisi Kehutanan (Polhut), tak kurang dari 300 orang turut serta dalam upaya pemadaman. Jumlah tersebut tersebar di empat jalur pendakian.
.
Tim Apuy membuat sekat bakar dari Sanghyang Rangka sampai Cilongkrang. Tim Palutungan menyekat dari Sanghyang Rangka sampai Sanghyang Ropoh. Lalu dilanjutkan hingga ke Pangasinan oleh tim Linggajati.
.
Logistik berupa makanan, minuman, obat-obatan, dan peralatan tangan terus dikoordinasikan untuk penyaluran ke lokasi tim gabungan berada.
.
Sampai pukul 15.30 ada 14 hotspot masih terpantau situs lapan.go.id untuk gunung Ciremai. Ada sembilan titik punya 100 persen tingkat kepercayaan. Lima hotspot punya 47 sampai 91 persen tingkat kepercayaan. Angka ini terus berubah menurun atau mungkin bertambah.
.
Belasan hotspot tersebut membentuk setengah lingkaran yang mengepung puncak gunung Ciremai.
.
#sobatCiremai, mari kita tetap dukung upaya pemadaman kebakaran hutan gunung Ciremai dengan doa yang tulus dan ikhlas. Semoga lekas tuntas. Amin!.
.
[Teks, foto, & video ©️ Tim Gabungan | 082019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: