Petugas Berhasil Evakuasi 47 Pendaki Dari Amukan Api Di Area Puncak Gunung Ciremai


.
Kemarin (7/8) pukul 13.00, berdasarkan laporan petugas lapangan Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) dan Masyarakat Peduli Api (MPA) telah terjadi kebakaran hutan di sekitar Goa Walet dan area puncak gunung Ciremai.
.
Kepulan asap pertama kali terlihat dari arah desa Argalingga, Argapura, Majalengka, Jawa Barat.
.
Bencana kebakaran hutan ini menyebabkan Balai TNGC menutup pintu pendakian sejak 7 Agustus 2019 sampai batas waktu yang belum ditentukan.
.
Kemudian petugas bersama Pengelola Pendakian Gunung Ciremai (PPGC) melakukan evakuasi di semua jalur pendakian yakni Apuy di kabupaten Majalengka, Palutungan, Linggasana, dan Linggajati di kabupaten Kuningan.
.
Hingga 8 Agustus 2019 pukul 01.45, petugas masih mengupayakan evakuasi 39 pendaki dengan rincian di Palutungan ada 34 pendaki, Linggajati ada 5 pendaki, dan nihil pendaki di Linggasana serta Apuy.
.
Sedangkan pada siangnya (7/8) terdata 22 pendaki sudah berhasil dievakuasi dengan selamat yakni 19 pendaki dari jalur Palutungan dan 3 pendaki dari jalur Linggajati. Lalu malam hari 25 pendaki dievakuasi dari jalur Apuy.
.
Sampai informasi ini ditayangkan, petugas gabungan dari Balai TNGC, PPGC, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan dan Majalengka serta pihak terkait lainnya masih sibuk mengevakuasi pendaki.
.
Puluhan petugas gabungan juga masih fokus memadamkan api di area puncak gunung Ciremai.
.
#sobatCiremai, mari kita berdoa agar semua pendaki segera berhasil di evakuasi tanpa lecet sedikitpun.
.
So, ayo cegah kebakaran hutan sekarang juga!. Salah satunya dengan bijak berwisata alam seperti mematikan puntung rokok dan tidak menggunakan perapian yang tak terkendali.
.
[Teks & foto ©️ BTNGC | 082019]

#klhk
#ayoketamannasional
#gunungciremai
#cegahkarhutla
#CiremaiZeroFire2019
#MPA
#StopForestFire
#polhut
#pesonakuningan
#pesonamajalengka
#pesonaindonesia
#wonderfulindonesia

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: