Yuk Intip Dan Kenali Khasiat Hanjuang


.
Hanjuang (Cordyline) atau yang dalam bahasa Jawa dikenal sebagai Andong merupakan tumbuhan monokotil berbatang.
.
Hanjuang juga dipakai untuk nama sekelompok tumbuhan dari marga “Dracaena”.
.
Daun Hanjuang khas, berbentuk lanset, berukuran agak besar dan berwarna hijau kemerah-merahan (Cordyline) atau berwarna hijau muda (Dracaena). Masyarakat zaman dahulu sering menggunakan daun hanjuang sebagai pembungkus makanan.
.
Selain itu tumbuhan ini juga populer sebagai tanaman hias, terutama “C. fruticosa”.
.
Hanjuang juga sering dipakai sebagai tanaman pelindung dan pembatas blok pada sawah, ladang, serta perkebunan Teh atau Kina di Indonesia.
.
Bagi sebagian masyarakat #Sunda, #Jawa, dan #Bali, tumbuhan ini memiliki makna sebagai ‘pembatas ruang’ secara harafiah maupun filosofis. Oleh karenanya tak mengherankan bila tumbuhan ini banyak dijumpai pada tempat keramat atau petilasan.
.
Keberadaan Hanjuang di gunung Ciremai dapat kita jumpai di perbatasan tanah masyarakat dengan kawasan taman nasional.
.
Namun khusus di desa Linggasana, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat, Hanjuang dapat kita jumpai hampir sepanjang jalur pendakian. Nah apakah ini berarti jalur pendakian Linggasana merupakan petilasan leluhur?. Entahlah.
.
#sobatCiremai, hasil penelitian dari berbagai sumber menunjukkan Hanjuang memiliki kemampuan antibakterial. Efek “farmakologi” ini diperoleh dari penggunaan bunga, akar, dan daun.
.
Masyarakat tradisional mengklaim Hanjuang mampu mengobati luka luar seperti menghentikan pendarahan, menghilangkan bengkak karena memar. Caranya, daun Hanjuang ditumbuk halus lalu ditempelkan ke bagian tubuh yang luka.
.
Namun kini sudah tersedia ekstrak daun Hanjuang dalam bentuk serbuk yang banyak dijual secara online maupun konvensional.
.
So, ayo kenali dan cintai tumbuhan sekitar kita!.
.
[Teks & foto ©️ Tim Admin-BTNGC | 082019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: