Akankah Gerimis Turun Di Gunung Ciremai Akhir Pekan Ini?


.
Hore!. Situs weather.com meramalkan akan turun gerimis tidak merata di wilayah kabupaten Kuningan, Jawa Barat pada Minggu, 29 September 2019.
.
Tetesan air dari langit itu akan turun antara pukul 13.00 sampai 17.00 waktu setempat. Tapi peluang hujan ini hanya 40 persen saja.
.
Sementara untuk wilayah kabupaten Majalengka, Jawa Barat, situs weather.com meramalkan baru pada pertengahan pekan (3/10) nanti akan terjadi badai guntur tidak merata yang disertai hujan.
.
Nah, peristiwa ini diprediksi terjadi pada jam dan kemungkinan hujan yang sama dengan wilayah kabupaten Kuningan.
.
Sobat, kita tahu gunung Ciremai berada di dua wilayah kabupaten tersebut. Wah, berarti gunung Ciremai segera dibasahi hujan?.
.
Namun sayangnya prakiraan cuaca tadi berbeda dengan informasi yang terdapat pada situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).
.
BMKG mengidentifikasi perubahan kondisi “atmosfer” yang cukup signifikan sejak 21 September 2019. Perubahan kondisi “atmosfer” tersebut berupa pelemahan desakan massa udara kering dari wilayah selatan Indonesia. Pelemahan desakan massa udara kering ini mengakibatkan daerah massa udara basah yang sebelumnya cenderung berada di utara Indonesia kini cenderung meluas ke wilayah Indonesia bagian selatan.
.
“Atmosfer” skala lokal juga menunjukkan kondisi yang cukup mendukung untuk terbentuknya awan hujan. “Indeks” labilitas “atmosfer” di sebagian besar wilayah Kalimantan dan Sumatera mengindikasikan kondisi atmosfer yang cukup mendukung untuk terbentuknya awan hujan dalam sepekan ke depan.
.
Jadi, BMKG memprakirakan mulai 23 sampai 30 September 2019 hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi di beberapa wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.
.
Sedangkan Jawa, Bali, dan Lombok diprakirakan belum diguyur hujan pada satu pekan mendatang.
.
#sobatCiremai, tentu kita sangat berharap hujan segera turun untuk ‘menyelamatkan’ kita dari kekeringan. So, mari bersabar melewati pancaroba untuk menantikan hujan datang.
.
[Teks & foto © Tim Admin -BTNGC | 092019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: