Yuk Bijak Berwisata Alam!


.
Berwisata merupakan kegiatan yang menyenangkan, pasti semua orang menyukainya. Dengan berwisata rasa penat akan berkurang dan motivasi akan tumbuh dengan suasana baru. Apalagi berwisata ke alam, tentu lebih menyegarkan bagi rohani kita ya sobat.
.
Tapi berwisata ke alam, apalagi kawasan konservasi seperti taman nasional, kita harus menaati pakem yang diterapkan ya sobat. Tidak hanya memberikan kenyamanan pada kita saja. Tapi juga ke satwa liar. Kadang kala kita lupa dan terlarut dalam “euphoria”, terutama sampah.
.
Sampah tidak hanya anorganik tapi juga yang organik sisa makanan yang kita bawa saat berwisata ke alam. Justru itu yang seringkali kita tak hiraukan karena bisa terurai. Padahal sisa makanan itu bisa dimakan satwa dan merubah perilaku makan mereka. Misalnya Anis gunung yang lebih sering kita temui di sekitar pos pendakian ya sobat.
.
Makanan alami burung ini adalah cacing. Tapi seringkali memakan mie instan sisa pendaki yang mirip makanan alaminya. Begitu juga Bajing, Tupai dan burung ciung air.
.
#sobatCiremai, berwisata alam merupakan salah satu kebutuhan yang bisa kita terapkan dalam menjalani kehidupan kita. Tapi kita juga harus bijak juga dalam menjalani aktivitas tersebut. So, ayo kita ikuti pakem berwisata alam dengan penuh kesadaran.
.
[Teks & foto ©️ Tim Admin-BTNGC | 092019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: