Kondang Yang Tak Sekondang Namanya


.
Kondang (bahasa Sunda) atau Gondang (bahasa Jawa) atau “Ficus variegate” ialah tumbuhan yang memiliki tinggi 15 sampai 30 meter ini memiliki akar tunggang dan batang bulat, bercabang, permukaan kasar, warna hijau kecokelatan.
.
Daunnya lonjong dengan ujung meruncing yang berwarna hijau. Bunganya majemuk, keluar dari cabang atau ranting, dengan mahkota berwarna putih.
.
Ya, bentuk buah Kondang buni bulat warna cokelat muda. Sedangkan bijinya kecil-kecil warna cokelat kehitaman.
.
Menariknya, pohon Kondang berperan sebagai produsen bagi satwa maupun manusia. Salah satunya Kondang melakukan fotosintesis yang mampu menyerap “karbondioksida” dan menghasilkan “oksigen” yang sangat diperlukan oleh mahluk hidup.
.
Perlu sobat ketahui, satu pohon kondang dengan tajuk rindang seluas 20 meter persegi mampu menghasilkan oksigen untuk enam makhluk hidup.
.
Oleh karenanya, Kondang berjasa dalam menciptakan “iklim mikro” yang sejuk, keidahan alam, dan pengurang efek pemanasan global. Selain itu, pohon kondang melindungi tanah dari erosi dan membantu proses peresapan air hujan serta mengangkut “zat hara” yang hanyut dalam tanah.
.
Di gunung Ciremai, Kondang populer sebagai pos pendakian Kondang Amis di jalur Linggajati, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat. Dulu di tempat ini ada pohon Kondang yang besar. Kini pohon tersebut sudah tak ada karena roboh. Tapi untungnya telah tumbuh pohon Kondang lain di sekitar Kondang Amis.
.
Apa manfaat Kondang?. Ya, ternyata buah Kondang bisa menjadi bahan obat lho. Nah buah Kondang segar yang berasa asam bisa dikonsumsi langsung.
.
Sejak lama buah Kondang dipercaya memiliki kandungan “saponin”, “flavonoid”, dan “polifenol” yang biasa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit “eksim” dan “diare”.
.
Sobat ingin tahu resep obat buah Kondang?. Pertama, cuci 15 gram buah Kondang. Lalu rebus dengan dua gelas air sampai tersisa satu gelas. Kemudian saring airnya. Biar tak terlalu asam rasanya, tambahan satu sendok makan madu.
.
Hmm, sobat bisa minum sehari dua kali setiap pagi dan sore sebanyak setengah gelas.
.
#sobatCiremai tak mau ribet mencari buah Kondang kemudian mengolahnya menjadi obat?. Gampang!. Karena ekstrak buah Kondang sudah banyak diperjual belikan secara online. Tinggal pesan. Beres deh!.👌
.
So, ayo kenali, cintai, dan manfaatkan secara bijak tumbuhan sekitar kita.
.
[Teks & Foto © Tim Admin | 112019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: