Mari Wisata Sejarah Di Gedung Perundingan Linggajati, Kaki Gunung Ciremai

Menjelang hari pahlawan pada 10 November nanti, ada baiknya kita menggali jejak perjuangan para pahlawan. Salah satunya dengan berkunjung ke gedung perundingan Linggajati. Hal ini perlu kita lakukan untuk memperkuat jiwa nasionalisme.
.
Ya, gedung perundingan Linggajati merupakan tempat perundingan antara Indonesia dengan Belanda pasca perang kemerdekaan.
.
Sesuai namanya, museum ini terletak di desa Linggajati, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat, tepat di jalan menuju “base camp” jalur pendakian gunung Ciremai via Linggajati.
.
Gedung tua ini merupakan saksi sejarah tempat dilaksanakannya Perundingan Linggajati pada 11 sampai 12 November 1946.
.
Mengapa memilih Linggajati?
.
Karena tidak memungkinkan perundingan dilakukan di Jakarta maupun di Yogyakarta yang saat itu menjadi ibu kota sementara Indonesia, maka diambil jalan tengah yakni di Linggajati.
.
Mengenai sejarah gedung perundingan Linggajati, sobat bisa baca lagi di postingan bulan Agustus ya.👌
.
Hmm, bagaimana caranya orang-orang penting ini bisa datang ke Linggajati yang kala itu masih desa terpencil?.
.
“Minggu, 10 November 1946, Lord Killearn, mediator Inggris tiba di Cirebon. Ia berangkat dari Jakarta menumpang kapal Veryan Bay. Lalu ia menginap di Hotel Linggajati yang sekaligus menjadi tempat perundingan”, kata seorang petugas museum yang enggan disebut namanya (2/10).
.
Masih menurut petugas museum, delegasi Belanda berangkat dari Jakarta dengan menumpang pesawat Catalina yang mendarat dan berlabuh di luar Cirebon.
.
“Dari Catalina mereka pindah ke kapal perang Banckert yang kemudian menjadi hotel terapung selama perjanjian berlangsung”, tambah petugas museum.
.
Sementara itu menurut Adi, warga desa Linggasana bercerita, “Delegasi Indonesia yang dipimpin Sutan Sjahrir menginap di desa Linggasana. Sedangkan Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Muhammad Hatta menginap di kediaman Bupati Kuningan” (2/11).
.
Hmm, ingin tahu lebih banyak sejarah Perundingan Linggajati?. So, ayo wisata ke Kuningan, ayo wisata alam ke gunung Ciremai.
.
[Teks © Tim Admin, Foto © IG @bayupranaadna @stevanus.jowen @karismafaatma @lestiwilyani @mutiiarazzr_ @chrissyichi @lisbon_alfian @dewijayanii @fahmifadhillh | 112019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: