Begini Keunikan Bunglon Mengubah Warna Kulitnya


.
Bunglon atau “Calotes” adalah sebutan bagi ragam jenis kadal atau bengkarung yang memiliki kemampuan mengubah warna kulitnya.
.
Secara umum, istilah “Bunglon” dipakai untuk menyebut kadal-kadal dari suku “Iguania” termasuk “Iguanidae”, “Agamidae”, dan “Chamaeleonidae”.
.
Nah semua jenis Bunglon tadi punya persamaan fisik dan sifat yakni kepala berbentuk sudut, kulit kasar, kelopak mata berukuran besar, dan tentunya mampu berubah warna kulit.
.
Seperti sudah disebutkan tadi, keistimewaan Bunglon bisa mengubah-ubah warna bahkan juga kombinasi warna kulit luarnya.
.
Setiap spesies Bunglon setidaknya punya beberapa warna dasar hijau tua, hijau muda, kuning, merah, jingga, cokelat, abu-abu, merah muda, dan ungu.
.
Keahlian khusus yang dimiliki Bunglon ini menjadikannya sebagai salah satu kelompok kadal paling berwarna-warni di dunia.
.
Mekanisme perubahan warna Bunglon disebabkan “zat nanokristal” pada permukaan kulitnya yang dapat memantulkan cahaya. Nah, warna dari cahaya yang terpantul ini ditentukan oleh ruang dinamis antar “nanokristal” tersebut.
.
“Nanokriatal” pun mempengaruhi “pigmen” warna asli kulit Bunglon yang terlihat oleh mata manusia atau satwa. Hal ini mengakibatkan kombinasi warna kulit Bunglon yang terlihat mungkin bisa berubah-ubah.
.
Mengapa Bungkon melakukan ini?. Ya, karena Bunglon mengubah-ubah warna kulitnya untuk menyamarkan diri dengan menyerupai warna tempat lingkungannya.
.
Selain itu, Bunglon mengubah warna kulitnya untuk menunjukkan reaksi atas perubahan suhu atau intensitas cahaya di sekitarnya atau untuk menunjukkan suasana hatinya.🥰
.
Pada umumnya setiap jenis Bunglon mengubah warna kulit untuk tujuan berbeda-beda. Ekspresi perubahan warna juga digunakan Bunglon pejantan saat ada Bunglon lain di wilayah kekuasaannya.
.
Uniknya, Bunglon juga mengubah warna kulitnya untuk memikat Bunglon betina ketika musim kawin.💖
.
Saat terjadi pertikaian Bunglon jantan, kombinasi warna cerah adalah tanda Bunglon tersebut si empunya wilayah. Sedangkan kombinasi warna kusam adalah tanda salah saty Bunglon kalah dalam pertarungan.👌
.
#sobatCiremai, inilah bukti keistimewaan bekal hidup satwa yang diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa. So, mari kenali satwa sekitar kita.
.
[Teks © Tim Admin, Foto © IG @planter_forester @teguhsaputra_ @dinicp__ Tim Admin-BTNGC | 122019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: