Begini Suasana Hari Pertama Pembukaan Pendakian Gunung Ciremai


.
Pasca pengumuman pembukaan kembali pendakian gunung Ciremai sejak hari ini (30/12) untuk jalur Apuy di Majalengka dan Palutungan serta Linggasana di Kuningan, Jawa Barat, pendaki mulai melakukan pendaftaran pada H-1.
.
Sedangkan jalur Linggajati di Kuningan akan dibuka tiga hari lagi (2/1), namun pendaki sudah mulai bisa booking.
.
Nah, kunjungan yang cukup tinggi dari calon pendaki membuat situs resmi Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) mengalami “down” atau “error”.
.
Akibat kejadian ini banyak keluhan dari calon pendaki seperti yang diutarakan Dede, pendaki asal Jakarta.
.
“Website gunung Ciremai tak bisa diakses. Jadi kesel”, katanya dalam Direct Masaage Instagram (29/).
.
Sebenarnya calon pendaki bisa booking di tautan http://bit.ly/pendakian-ciremai
.
Menanggapi hal ini Kepala Balai TNGC, Kuswandono mengatakan, “Memang website kami error. Namun masih bisa daftar via tautan yang ada di medsos”.
.
“Saat ini website kami sedang diperbaiki. Mudah-mudahan segera selesai”, ungkap beliau.
.
Meski demikian, teknis pendakian di Base Camp (BC) berjalan lancar seperti tinjauan Sinuhun ke jalur Linggasana tadi pagi.
.
“Alhamdulillah mekanisme berjalan lancar. Setiap pendaki wajib mengikuti safety talk, cek kesehatan, dan cek barang di BC”, pungkas beliau.
.
Walapun sistem baru pendaftaran pendakian gunung Ciremai ini dinilai ribet oleh pendaki, tapi antusiasme mereka terlihat bahagia dari raut wajahnya di BC.
.
“Seneng banget karena udah lima bulan memendam rindu Ciremai”, ujar Musyarofah, pendaki asal Indramayu di BC Linggasana.
.
Sementara itu, Humas Balai TNGC, Agus Yudantara mengatakan, “Kami sudah menerjunkan personil untuk keamanan, ketertiban, dan kenyamanan pendaki serta pengunjung wisata alam pada libur akhir tahun ini”.
.
“Di hari pertama ini baru ada 113 pendaki dari 1000an kuota yang tersedia di tiga jalur pada pukul 6 sampai 11 siang. Mungkin besok membludak karena malam pergantian tahun baru”, kata Agus.
.

sobatCiremai, mari lakukan pendakian dengan tertib, aman, dan nyaman. So, ayo menjadi pendaki yang bijak dan cerdas.

.
[Teks © Tim Admin, Foto © BTNGC | 122019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: