Jitu Masyhur Batu Luhur

#weekend tiba, saatnya tamasya ceria ke wisata alam Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).

Yup, libur akhir pekan ini ada destinasi Batu Luhur yang bisa diakses via desa Padabeunghar, Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat.

Selepas jalanan berkelok naik-turun dari desa Pasawahan, sobat akan melintasi “savana” di kiri dan kanan jalan yang terhubung ke desa Padabeunghar. Selang beberapa saat, sobat akan tiba di lokasi eksotis ini.

Lima tahun silam, seolah tak ada apa-apa di tempat ini. Saat itu hanya ada hamparan bebatuan hitam bekas erupsi gunung Ciremai puluhan dekade lalu.

Masa kegelapan itu tak ada tegakan pohon di sana. Belum lagi udara panasnya minta ampun yang membuat tak ada yang betah berlama-lama di Rock Garden itu. Tak ayal saat kemarau, kobaran api kerap muncul dari sini.

Namun berkat sentuhan dan tekad kuat masyarakat setempat yang menamakan diri Bujangga Manik serta dukungan Balai TNGC, antah berantah itu berganti rupa menjadi cantik nan menarik.

Perubahan wujud Batu Luhur patut diacungi jempol karena mampu menginspirasi lokasi serupa yang asalnya tidak ada apa-apa menjadi apa-apa. Intinya, Batu Luhur bisa memutar roda perokonomian warga setempat.

Dalam sekejap wisata alam ini sudah kedatangan orang-orang penting dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pemerintah Daerah, dan artis-artis tanah air.

Mereka singgah karena tertarik ingin belajar cara mengubah masalah menjadi berkah.

Kini, udara panas di Batu Luhur tak sepanas dulu karena telah banyak pepohonan yang memayungi alas.

Kehadiran embung air yang dual fungsi di tengah bebatuan semakin memikat wajahnya yang eksotik.

#sobatCiremai pun bisa melangkahkan kaki di turunan bebatuan jalan menuju situ Tespong. Di sana ada curug (air terjun, red) yang bisa mengembalikan suhu tubuh usai berjalan kaki.

Puas meniti setiap inchi Batu Luhur, langsung sruput minuman dingin di kantin kece sambil jeprat-jepret swafoto.

Berapa harga tiket masuknya?. Seperti biasa, setara harga semangkuk Baso.👌

So, tunggu apa lagi?. Ayo ke taman nasional!.

[Teks © Tim Admin, Foto © IG @mumu_muzek10 @yosep_anugraha05 @cirebonbeauty_ @pesonakuningan @santilaasmana @elartbreuker -BTNGC | 122019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: