Perihnya Dicium Pacet Gunung


Sobat yang sering beraktivitas di gunung pasti sudah tak asing dengan hewan yang satu ini. Ya, Pacet Gunung atau “Haemadipsa zeylanica” atau “Mountain Leech” adalah spesies pacet pengisap darah yang ditemukan di Asia Tenggara dan Asia Timur.
.
Biasanya Pacet mengintai kita dari balik dedaunan dan dahan pohon. Begitu kita bersentuhan dengan daun dan dahan pohon itu, Pacet dengan gerakan tanpa suara menyelinap di balik pakaian kita.
.
Si penghisap darah ini selalu menempel di kulit setiap ada kesempatan. Ia begitu khusyuk saat menyedot darah kita sambil melenggak lenggokan tubuhnya yang licin. Lantas apa yang kita lakukan saat begini?.
.
Sebenarnya Pacet sendiri punya karakter yang tak banyak menghisap darah sehingga tak menyebabkan kita kekurangan darah.
.
Jadi, setelah kenyang menghisap darah, ia akan berhenti dan melepaskan gigitannya. Tapi apabila gigitan pacet ditarik begitu saja, kemungkinan gigi pacet akan tertinggal. Bila begini, kulit akan terus mengeluarkan darah.😨
.
Hmm, cara terbaik menghadapi Pacet tentu saja mencegah gigitannya. Misalnya dengan menyemprotkan obat nyamuk lotion atau bisa juga menggunakan air tembakau.
.
Cara lain, sobat bisa mengenakan pakaian model “tight” untuk bawahan dan “baselayer” untuk pakaian atasnya. Kalau tak punya pakaian tadi, sobat bisa juga memakai pakaian ketat yang nyaman. Intinya, hindari penggunaan pakaian yang terlalu longgar di badan.
.
Namun upaya tadi tak menjamin Pacet tak datang. Paling tidak itu bisa mengurangi Pacet masuk ke dalam tubuh.
.
#sobatCiremai pernah dicium Pacet?. So, mari kenali fauna sekitar kita.
.
[Teks & Foto © Tim Admin-BTNGC | 122019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: