Selamat Hari Gunung Internasional (HGI), #sobatCiremai.

Ya, HGI atau “International Mount Day” (IMD) diperingati setiap 11 Desember.

Tahun ini, HGI mengusung tema “Mountains matter for Youth”. Hmm, cocok banget neh sama sobat yang milenial atau masih berjiwa muda.

Seperti dilansir situs www.fao.org, badan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang bergerak dalam bidang pangan, mengajak generasi muda untuk berperan aktif terhadap gunung.

Maksudnya generasi muda tidak hanya melakukan aktivitas wisata pendakian gunung, tapi juga mesti peduli terhadap ekologi, sosial budaya, dan mematuhi peraturan yang berlaku.

Kita tahu, pendakian gunung Ciremai masih ditutup pasca kebakaran hutan di area puncak pada Agustus silam.

Musim hujan memang telah tiba. Tapi setelah beberapa kali dipantau, ternyata area puncak Ciremai masih belum pulih. Terbukti, vegetasi Cantigi (Ericaceae), Edelweiss (Anaphalis javanica), dan rumput baru akan mulai tumbuh.

Kondisi vegetasi tadi menggambarkan area puncak Ciremai masih gundul. Nah area gundul ini sangat rawan longsor bila diguyur hujan bahkan menimbulkan air bah pada jalur pendakian.😨

Jadi, kapan pendakian gunung Ciremai dibuka?

Sepertinya kita mesti ekstra sabar menunggu pemulihan ekosistem area puncak Ciremai.

Sebenarnya Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Pengelola Pendakian Gunung Ciremai (PPGC), pendaki, dan pihak terkait lainnya tak menghendaki penutupan pendakian. Namun karena kondisi ekosistem area puncak dan jalur pendakian masih kurang kondusif, maka aktivitas pendakian belum diijinkan.

Sampai kapan ditutupnya?
Tentunya kami sebagai pengelola kawasan TNGC akan melakukan pengecekan rutin kondisi jalur pendakian untuk kelayakan kegiatan yang aman, tertib dan nyaman.

Tentu hal ini merupakan ujian yang amat berat bagi kita.

Sesuai dengan tema HGI di atas, kami sangat mendukung bahwa pendakian gunung merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dapat memberikan pembelajaran tentang: kedisiplinan, tanggung jawab, kecintaan terhadap alam dan tanah air khususnya bagi para sobat muda dan kita semua yang berjiwa muda.

So, mari menjadi pendaki yang bijak dan cerdas serta bertanggung jawab – patuh terhadap peraturan yang berlaku. Ayo kenali dan cintai negeri kita dengan cara yang baik dan benar πŸ‘ŒπŸΎπŸ‘

Selamat Hari Gunung Internasional

[Teks Β© Tim Admin, Foto Β© IG @tyo_survival & Tim Admin-BTNGC | 122019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: