Sidaguri, Obat Herbal Penghilang Nyeri

Sidaguri atau Seleguri atau Otok-Otok dalam bahasa Sunda dan Jawa atau “Sida rhombifolia” dalam bahasa Latin ialah tumbuhan perdu dengan bunga berwarna kuning cerah.

Nama lain tumbuhan ini, Suri dan Saliguri di Minangkabau, Taghuri di Madura, Kahindu di Sumba, Selegui di Bali, Dikira dan Hutu Gamo di Halmahera serta Digo di Ternate. Lantas apa nama “flora” ini di daerah sobat?🤔

Ya, tumbuhan herba dengan tinggi dua meter ini punya batang bercabang. Seluruh tubuhnya ditumbuhi bulu yang rapat dengan warna putih dan hijau.

Sidaguri memiliki susunan daun tunggal yang letaknya berseling. Bentuk daunnya bulat telur seperti jantung atau lanset. Tepi daunnya bergerigi yang ujungnya runcing atau bertoreh dengan pertulangan menyirip.

Sedangkan bagian bawah daun berambut pendek dengan warna abu-abu. Ukuran daunnya satu sampai empat centimeter (cm) kali satu cm.

Perbungaan Sidaguri termasuk tunggal dengan warna kuning cerah. Benang sari tumbuh bersamaan membentuk tabung dari dasar bunga.

Sementara mahkota bunganya berwarna hijau dengan ujung melengkung. Bunga elok ini tumbuh dari ketiak daun. Ia mekar sekitar pukul 12 siang. Namun sayang, ia layu tiga jam kemudian.😥

Lalu, buah Sidaguri mengandung ruang atau kendaga sebanyak delapan sampai sepuluh buah dengan diameter enam sampai tujuh milimeter (mm) dan sewaktu sudah tua berwarna hitam.

Pamungkas, akarnya berwarna putih dan sedikit kotor. Namun akar inilah pusat manfaat Sidaguri.

Secara tradisional, akar Sidaguri bisa ditumbuk halus untuk mengobati bisul. Sedangkan pengolahan secara modern menghasilkan ekstrak bahan obat herbal yang berkhasiat mengobati rematik dan asma.
.

#sobatCiremai ingin dengan mudah mendapatkan obat ini?. Gampang. Karena ekstrak Sidaguri sudah banyak diperjual belikan secara online.

So mari kenali, cintai, dan manfaatkan secara bijak tumbuhan sekitar kita.

[Teks & Foto © Tim Admin | 122019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: