Aksi Tupai: Meloncat Dan Menguping

Tupai ialah “mamalia” kecil yang mirip dan kerap keliru dianggap sama dengan Bajing. Padahal secara ilmiah, tupai tidak sama dan jauh kekerabatannya dari keluarga Bajing.

Hewan yang pandai meloncat ini termasuk pemangsa serangga. Oleh karenanya dahulu dimasukkan ke dalam bangsa “insektivora”.

Konon, Tupai memiliki otak yang relatif besar. Rasio besar otak berbanding besar tubuh pada tupai adalah yang terbesar pada makhluk hidup, bahkan mengalahkan manusia.

Tupai punya bulu lebat layaknya Kucing, wajah runcing seperti Kelinci dan kelincahan tubuh yang tak tertandingi. Paket lengkap tersebut sukses membuat Tupai disukai dan diincar untuk dijadikan  hewan peliharaan.

Namun siapa yang sangka, Tupai memiliki kebiasaan unik yakni ‘menguping obrolan’ burung-burung yang tinggal di sekitar habitat mereka.🤭

Menurut peneliti, saat burung-burung mulai berkicau dengan lebih tenang, Tupai menangkapnya sebagai pertanda bahwa tidak ada predator yang sedang berkeliaran untuk mengancam keselamatan mereka. Nah, di saat itulah mereka berani untuk keluar dari persembunyiannya.👌

#sobatCiremai bisa tambahkan serba-serbi Tupai?. Tuliskan di kolom komentar ya!.

So, ayo kenali dan cintai hewan sekitar kita.

[Teks © Tim Admin, Image © IG @artguud @yoviyop96 @burhanpotret @hisbatanashr -BTNGC | 012020]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: