Forum Bumdes Majalengka Ajak Balai TN Gunung Ciremai Kerjasama Wisata Alam


.
Jaja Suharja, S.Hut., Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Majalengka menerima kunjungan Forum Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Kabupaten Majalengka pada Senin (20/1) di Kantor SPTN Wilayah II Majalengka.
.
Dedi Sutisna, S.E., Ketua Forum Bumdes Kabupaten Majalengka beserta jajarannya melakukan audiensi terkait pemanfaatan lahan di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) untuk lokasi wisata alam.
.
“Forum Bumdes melihat perkembangan kepariwisataan, khususnya wisata alam di kawasan TNGC memberikan dampak yang signifikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitarnya”, kata Dede.
.
Selanjutnya Dede menanyakan tata cara kerjasama bagi desa yang ingin memanfaatkan lahan TNGC sebagai lokasi Obyek Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA).
.
Menanggapi pertanyaan tersebut, Jaja menjelaskan, “Saat ini pengusahaan ODTWA di kawasan TNGC oleh kelompok masyarakat desa sekitar melalui mekanisme Izin Usaha Penyediaan Jasa Wisata Alam (IUPJWA) dan Izin Usaha Penyediaan Sarana Wisata Alam (IUPSWA) seperti yang termaktub dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.8/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2019 tentang Pengusahaan Pariwisata Alam di Suaka Margasatwa, Taman Nasional, Taman Hutan Raya, dan Taman Wisata Alam”.
.
Meskipun Bumdes dalam peraturan tersebut tidak termasuk dalam pelaku usaha yang dapat diberikan izin pengusahaan, namun Bumdes dapat berperan dalam peningkatan kapasitas kelembagaan masyarakat pemegang IUPJWA di ODTWA kawasan TNGC.
.
“Saat ini beberapa kelompok masyarakat ingin lebih berdaulat dengan cara ‘naik kelas’ menjadi koperasi dan beralih dari IUPJWA menjadi IUPSWA”, tambah Jaja.
.
Dengan demikian, Bumdes dapat menjadi katalis kemandirian koperasi dalam bentuk penyertaan modal.
.
Hal tersebut diamini oleh Dede, “Karena dalam Peraturan Pemerintah nomor 33 tahun 1998 tentang Penyertaan Modal Pada Koperasi termaktub di pasal 2 dan 3 bahwa koperasi dapat memupuk modal melalui penyertaan modal yang salah satunya berasal dari badan usaha”.
.

sobatCiremai, semoga dengan sinergitas semua pihak, kedaulatan masyarakat sekitar gunung Ciremai dapat terwujud dalam mendukung pengelolaan kawasan TNGC dari aspek ekologi, ekonomi, dan sosial budaya yang selaras dan berharmoni. Salam lestari!.

.
[Teks & Foto © Robi Gumilang-BTNGC | 012020]
.

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: