Pengaruh Atraksi Wisata Terhadap Motivasi Berkunjung Wisatawan di Kawasan Wisata Alam Telaga Remis Kabupaten Kuningan

ABSTRAK

PENGARUH ATRAKSI WISATA TERHADAP

MOTIVASI BERKUNJUNG WISATAWAN Dl KAWASAN

WISATA ALAM TELAGA REMIS KABUPATEN KUNRNGAN

Oleh:

Resha Febriyantika Yussita

Skripsi ini dibimbing oleh:

Fitri Rahmafitria, SP.,M.Si.

Meitri Hening Chrisna Daluarti, ST.,MT.

Telaga Remis adalah salah satu Objek wisata alam di Kabupaten Kuningan yang berupa sebuah danau yang terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan. Dari data kunjungan yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa tingkat kunjungan wisatawan tinggi hanya di bulan agustus saja namun pada bulan berikutnya jumlah kunjungan wisatawan tidak mengalami peningkatan yang begitu berarti bahkan cenderung menurun. Salah satu faktor penting yang mempengaruhi wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata adalah atraksi wisata. Tanpa adanya atraksi wisata dalam suatu kawasan akan mempengaruhi motivasi berkunjung wisatawan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh atraksi wisata terhadap motivasi berkunjung di kawasan wisata alam Telaga Remis.

Penelitiaan ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif sedangkan untuk teklik pengumpulan data menggunakan cara observasi lapangan, kuesioner, studi kepustakaan, serta studi dokumentasi. Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu variabel independen (X) atraksi wisata dan variabel dependen (Y) motivasi berkunjung. Teknik pengolahan data menggunakan teknik analisi regesi linier sederhana dengan bantuan program software SPSS 17.0.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan dengan nilai koefisienan korelasi sebesar 0,260 antara atraksi wisata dengan motivasi berkunjung namun hubungannya lemah karena berada pada rentang Sedangkan untuk analisis regresi linier sederhana nilai koefisienan determinasi (R square) sebesar 0,068. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi berkunjung (Y) dipengaruhi sebesar 6,8% oleh atraksi wisata. Sehingga ada 93,2% yang tidak bisa dijelaskan secara linier oleh atraksi wisata oleh sebab itu dalam penelitian ini variabel atraksi wisata merupakan variabel yang lemah dalam memotivasi pengunjung untuk datang ke kawasan wisata alam telaga remis.

Kata Kunci : Wisata Alam, Atraksi Wisata, Motivasi Berkunjung.

Unduh File pdf di sini

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: