Polri Peduli Penghijauan Tanam 1000 Pohon Di Gunung Ciremai

Ratusan korps Bhayangkara berpayung langit mendung saat melakukan apel pagi di antara lebatnya semak belukar kaki utara gunung Ciremai di Lambosir desa Setianegara, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat (10/1).

“Kita harus peduli lingkungan di manapun kita berada demi kelestarian alam tempat kita tinggal. Misalnya ada bibit pohon tergeletak, ya kita betulkan. Ada saluran air tersumbat, ya kita perbaiki”, lantang pembina apel, Kabag Ops Kompol Erawan Kusmayadi yang mewakili Kepala Polres Kuningan.

“Sekarang kita berada di Lambosir untuk menanam 1000 pohon. Mari kita tanam dengan baik dan pastikan bibit tersebut tumbuh dengan baik hingga besar”, perintah beliau.

Apel pagi usai, ratusan personil Polri bergegas menghampiri bibit pohon yang ditaruh berdekatan dengan lubang tanamnya. Mereka tumpah ruah antusias menanam satu per satu 1000 bibit pohon tersebut. Tak lupa sesekali jeprat jepret mengabadikan moment

Dari pantauan langsung terlihat 190-an anggota Polri yang terdiri atas satuan Sabhara dan Lalu Lintas. Hadir pula ibu-ibu Bhayangkari yang menawan dengan seragam merah mudanya.

Kehadiran jumlah personil itu masih ditambah dengan puluhan personil Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), aparat pemerintah daerah, dan kelompok masyarakat green Lambosir.

“Kami menyambut baik kegiatan Polri peduli penghijauan ini. Semoga bisa bibit yang ditanam bisa tumbuh dengan baik”, sambut Kepala Balai TNGC, Kuswandono.

“Caruy (Pterospermum javanicum Jungh.), Jambe (Areca catechu), Ki Hujan (Samanea saman), Salam (Syzygium polyanthum), Mara (Macaranga tanarius), Ki Hideung (Dyospyros evena), Lame (Alstonia scholaris), Muncang (Aleurites moluccana), Kapundung (Baccaurea racemosa), Picung (Pangium edule ), Ki Teja (Cinnamomum inners), dan Kadoya (Dysoxylum gaudichaudianum)”, ungkap Kuswandono saat ditanya jenis bibit apa saja yang ditanam hari ini.

“Untuk eks area kebakaran hutan di gunung Ciremai memang perlu identifikasi terlebih dahulu supaya tepat pemulihan ekosistemnya. Apakah dengan suksesi alami atau perlu ada campur tangan kita” , pungkas beliau saat ditanya pemulihan ekosistem di gunung Ciremai.

#sobatCiremai, musim penghujan memang saat yang tepat untuk kita menanam pohon. Sobat ingin menanam pohon di Lambosir?. Gampang. Hubungi IG @ciremaigreenlambosir.

So, ayo tanam dan pelihara pohon untuk masa depan lingkungan kita.

[Teks & Foto © Tim Admin -BTNGC | 012020]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: