Sst, Inilah Rahasia Khasiat Calincing. Jarang Yang Tahu Lho!


.
#sobatCiremai mari cari tahu tentang si Belimbing Mini. “Check it out!”.👌
.
Calincing (oxallis barrelieri) atau Belimbing Mini atau Belimbing Tanah merupakan gulma liar yang hidup di tanah lembab dan teduh seperti kemarin kami banyak menjumpainya di area wisata alam Woodland, desa Setianegara, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat (5/1).
.
Tumbuhan semak berkayu dengan tinggi mencapai 80 centimeter (cm) ini batangnya berbentuk silindris, permukaannya halus, berwarna hijau agak kecokelatan, dan berakar tunggang.
.
Bunga si buah masam ini majemuk dengan tangkai malai sepanjang empat cm yang tumbuh di ketiak daun. Bentuk bunganya menyerupai terompet dengan kelopak berjumlah lima helai berwarna hijau.
.
Calincing dapat berbunga sepanjang tahun. Berarti tak punya musim atau mampu berbunga pada musim hujan dan musim kemarau.
.
“Flora” ini berdaun majemuk yang terdiri dari tiga anak daun yang berbentuk bulat telur atau “trifolia” dengan panjang dua sampai tiga cm dan lebar satu sampai dua cm. Tulang daunnya menyirip, tangkai daun panjang, tepi daunnya rata.
.
Sesuai namanya, buah tumbuhan ini seperti belimbing tapi agak bulat dan bertaju lima. Jika dimakan, hmm akan terasa masam.🤤 Sobat pernah icip?.
.
Namun buah yang telah tua akan pecah sehingga bijinya yang berukuran kecil, bulat dan berwarna kuning itu tersebar keluar.
.
Ada yang tahu manfaat Calincing?. Ya Calincing berkhasiat untuk mengobati wasir, darah tinggi, dan kencing manis, sakit pinggang, lemah jantung, dan menghilangkan dahaga.
.
Bagaimana caranya sobat?. Rebuslah akar, daun, dan buah Calincing hingga mendidih. Kemudian tiriskan. Lalu minumlah air rebusan tersebut dua kali sehari secara rutin. Niscaya penyakit minggat!👌
.
Selain itu, mengkonsumsi buah Calincing yang segar secara rutin dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Konon khasiat buahnya yang berwarna hitam lebih manjur untuk menyembuhkan penyakit ini.
.
Sobat sekarang sudah tahu kan rahasia manfaat Calincing?. Nah, mengingat bunganya yang cantik dan kaya manfaat yang beragam, maka tumbuhan liar ini sangat layak dibudidayakan sebagai tanaman obat lokal.
.
So, mari kenali, cintai, dan manfaatkan secara bijak tumbuhan sekitar kita.
.
[Teks © Rofadia, Foto © Rofadia & IG @bang_cuyy96 -BTNGC | 012020]
.

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: