Strategi Pemasaran Obyek Wisata Alam Telaga Remis di Taman Nasional Gunung Ciremai

Objek Wisata Alam Talaga Remis terletak di•Kabupaten Kuningan dengan nenawarkan konsep hutan wisata yang menarik. Perkembangan usaha wisata -=urttut usaha objek wisata untuk mengembangkan dan memasarkan produk jasa yang dibutuhkan telah tersedia dan tentunya berbeda dari para pesainznya. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun alternatif strategi pemasaran tepat untuk dijalankan oleh Objek Wisata Alam Talaga Remis dalam upaya nenzpertahankan dan meningkatkan posisi pasar.

Salah satu unsur dalam strategi pemasaran terpadu adalah bauran -.=asaran. Kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh pihak pengusahaan Obyek   klam Talaga Remis tercermin dari bauran pemasaran (marketing mix), produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan tempat atau   distribusi (place).

Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Selanjutnya, data digunakan untuk mengkaji lingkungan intemal dengan matriks IFE dan eksternal dengan matriks EFE. Kedua matriks tersebut digunakan zata= matriks yang bertujuan untuk melihat posisi perusahaan saat ini. Adapun ==rasan alternatif strategi dilakukan dengan analisis SWOT. Pengambilan cinlam perumusan strategi menggunakan analisis matriks QSPM.

Berdasarkan hasil tahapan analisis strategi pemasaran menunjukkan bahwa \kisata Alam Talaga Remis berada pada sel V berdasarkan matrik IE yaitu 3thintain dengan strategi yang tepat untuk dilakukan adalah penetrasi ;aresar Z42111 pengembangan produk. Sedangkan berdasarkan analisis SWOT ~11.-2/1 empat altematif yang dapat dilakukan oleh Objek Wisata Alam Talaga Dari empat alternatif strategi yang ada, alternatif strategi WT (Weakness-i—fr£:,x, yaa2 terpilih sebagai strategi prioritas utama yang pertama dari beberapa   5tratezi yang dianalisis dengan matrik QSPM dan didukung dengan iiatz= analisis SWOT.

WT (Weakness-Threat) yang terpilih sebagai alternatif prioritas -4ame 7er-2ma dan utama diharapkan dapat diterapkan oleh pihak pengusahaan Wf.sata Alam Talaga Remis yang bekerjasama dengan semua stakeholder masyarakat sekitar kawasan maupun pihak pengelola yaitu Balai 7-1111311C Gunung Ciremai.

Kata Kunci: Pernasaran, Objek Wisata Alam, Analisis QSPM

Unduh file pdf disini

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: