Lima Gunungapi Jawa Status Waspada, Ciremai Tetap Normal

Di tengah kepungan pandemi Covid 19 ada saja kabar yang mendebarkan. Ya, sebuah komentar warganet pada media sosial kami menanyakan status aktivitas vulkanologi gunungapi Ciremai.

Karena penasaran, kami langsung cek ke situs magma.vsi.esdm.go.id untuk memastikan informasi itu.

Mengejutkan. Situs milik Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral tersebut memang menampilkan beberapa gunungapi Indonesia berwarna kuning alias berada dalam level II atau waspada.

Nah lima gunungapi Jawa yang sedang menyandang status waspada yakni Anak Krakatau, Slamet, Merapi, Semeru, dan Bromo. Tentu pemerintah dan masyarakat sekitar gunungapi yang lagi ‘sakit’ tadi mesti waspada dengan situasi terburuk.

Sedangkan Ciremai sendiri masih berada pada level I alias normal.

“Gunung api Ciremai terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0 sampai III. Asap kawah nihil. Kegempaan nihil”, tulis laporan Mulyadi, petugas Pos Pengamatan Gunungapi Ciremai.

#sobatCiremai, kita memang hidup di negeri “Ring of Fire” atau cicin api yang rentan mengalami bencana letusan gunungapi. Kita memang harus siap dengam kenyataan itu. Tapi tentu hal ini tak pernah kita harapkan, apalagi dalam situasi pandemi Covid 19 ini.

So, mari kita berdoa yang terbaik bagi ibu pertiwi!.🙏

[Teks © Tim Admin, Image © @kesdm -BTNGC | 042020]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: