Situs Makam Kuno Di Gunung Ciremai


.
Baru-baru ini jagat maya dihebohkan dengan pemberitaan penolakan warga atas pemakaman jenazah yang diduga korban Covid 19. Miris banget sobat.
.
By the way makam, di gunung Ciremai juga ada pekuburan kuno lho. Tentu orang-orang yang dikebumikan di gunung Ciremai ialah orang-orang penting pada masanya.
.
Situs dan makam kuno orang-orang besar tentu dibuat jauh sebelum gunung Ciremai menjadi taman nasional ya. Namun saat ini keberadaannya masih dapat kita jumpai sebagai saksi bisu sejarah.
.
Penemuan petilasan tertua ada di Situs Lingga, desa Sagarahyang, Darma, Kuningan, Jawa Barat. Kemudian ada Situs Purbakala Cipari di Cigugur.
.
Masih di Kuningan, ada situs Ki Kuwu di desa Linggasana dan petilasan Sunan Gunung Jati di desa Linggajati, Cilimus serta Ki Buyut Manguntapa di desa Singkup, Pasawahan.
.
Paling anyar terdapat Taman Makam Pahlawan TNI Angkatan Laut di komplek wisata alam Balong Dalem, desa Babakan Mulya, Jalaksana.
.
Sedangkan untuk wilayah Majalengka, semua situs kuno berasal dari abad ke 15 masehi yakni Makam Sunan Parung di wisata alam Situ Sangiang, desa Sangiang, Banjaran dan Gunung Pucuk. Lalu ada Situs Batu Tapak di wisata alam Batu Nyongclo, desa Payung dan Situs Batu Beureum di desa Bantaragung, Sindangwangi.
.
Kemungkinan besar jumlah situs kuno ini masih bisa bertambah bila dilakukan identifikasi lebih lanjut.
.
#sobatCiremai, lantas bagaimana asal muasal situs-situs kuno tadi?. Pantengin aja medsos gunung Ciremai. Kapan-kapan akan dibahas satu per satu.
.
So, mari lestarikan peninggalan nenek moyang kita.
.
[Teks, Image & Foto © Tim Admin-BTNGC | 042020]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: