Ayo Atasi Jenuh Di Rumah Dengan “Lights Trails”

Tak dipungkiri, bekerja dan belajar dari rumah selama hampir dua bulan akibat pandemi Covid 19 telah menumpuk kejenuhan kita. Tapi apa boleh buat, kita mesti manut kepada pemerintah untuk beraktivitas di rumah saja.

Nah untuk mengikis kebosanan di rumah, sobat bisa jajal beberapa trik fotografi misalnya “lights trails” atau jejak cahaya lampu.

Tentu sobat yang sudah ahli fotografi tak asing lagi dengan trik ini. Tapi bagi fotografer pemula nan awan seperti admin, trik ini sangat menarik untuk dijajal.

Dari pengalaman pertama, memang gampang-gampang susah melakukan trik “lights trails” ini. Gampangya, ya tinggal pencet tombol kamera saja. Nah susahnya itu membuat pola jejak lampu yang menarik. Wk wk wk!🤭

Bila sobat mau mencoba, lakukan trik ini malam hari. Ya iyah. Kedua, cari tempat minim cahaya. Jangan lupa ajak dua sampai lima teman sebagai rekan dan model pemotretan.

Ketiga, tentu bawa kamera atau bisa juga pakai ponsel pintar. Jangan lupa bawa tripod dan benda yang bisa menyala seperti senter dan kembang api.

Pasti sobat sudah hapal pengaturan kameranya kan?. Betul, gunakan mode manual. Atur ISO atau tingkat sensitifitas sensor pada kamera terhadap cahaya antara 100 sampai 50 atau lebih rendah lagi. Lalu atur “shutter speed” atau lama sensor kamera melihat obyek foto antara empat sampai sepuluh detik atau lebih lama dari itu.

Kalau sudah siap, tinggal eksekusi deh. Lalu mintalah rekan dan model untuk berpose dan membuat pola jejak cahaya lampu.

Nah tahap eksekusi inilah yang mesti dilakukan berulang-ulang sampai menemukan foto terbaik. Hmm, dijamin pasti berkeringat karena memakan waktu bolak-balik 30 sampai 60 menit.🤭

Kalau #sobatCiremai masih bingung, yuk tanya dengan ahli fotografi @okkasupardan .

So, be creative when at home!👌

[Teks & Foto © Tim Admin -BTNGC | 052020]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: