Bisa Kalajengking


.
Kita tahu semua spesies Kalajengking memiliki bisa. Kalajengking menggunakan bisanya untuk membunuh atau melumpuhkan mangsa agar mudah dimakan.
.
Ya, Kalajengking ialah sekelompok satwa beruas dengan delapan kaki atau “oktopoda” yang termasuk dalam ordo “Scorpiones” dalam kelas Arachnida. Kalajengking masih berkerabat dengan ketonggeng, laba-laba, tungau, dan caplak.
.
Pada umumnya, bisa kalajengking termasuk sebagai “neurotoksin” atau racun saraf. “Neurotoksin” terdiri dari protein kecil dan juga “natrium” dan “kalium” untuk mengganggu transmisi saraf sang korban.
.
Sebenarnya racun Kalajengking tidak berbahaya bagi manusia. Namun sengatannya menghasilkan efek lokal seperti rasa sakit dan pembengkakan saja.
.
Meski demikian beberapa spesies Kalajengking, terutama dalam keluarga “Buthidae” dapat berbahaya bagi manusia.
.
Kalajengking yang paling berbahaya adalah “Leiurus quinquestriatus” dan “Mus muscullus”. Sengatan Kalajengking tadi bisa membuat kita kehilangan nyawa.😱
.
Nah bila #sobatCiremai tersengat Kalajengking, lakukan tindakan bersihkan luka dengan air. Lalu kompres sengatan dengan es batu untuk menurunkan panas dan bengkak. Bila sakit berlanjut, segera hubungi dokter.
.
So, kenali satwa liar sekitar kita!.
.
[Teks © Tim Admin, Foto © Robi Gumilang -BTNGC | 052020]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: