Petugas Mesti Tetap Eksis Saat Krisis

Kemarin (20/5) Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) menggelar kuliah online via aplikasi google meeting bagi pejabat fungsional Pengendali Ekosistem Hutan (PEH), Polisi Kehutanan (Polhut), dan Penyuluh Kehutanan.

Tak kurang dari 50 peserta turut andil dalam diskusi virtual yang mencomot tema bagaimana Aparatur Sipil Negara (ASN) tetap eksis dan berkarya saat pandemi Covid 19.

Tentunya peserta diskusi sebanyak itu mengindahkan protokol pencegahan Covid 19 seperti tidak berkerumun.

Soni Trisono, dosen Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) hadir sebagai narasumber. Sementara moderator dipegang Silvia yang didampingi Kuswandono, Kepala Balai TNGC.

“Ada banyak hal agar kita tetap eksis. Misalya rajin membuat tulisan di media online dan membuat jaringan”, buka doktor Soni Trisono.

“Meski saat pandemi Covid 19, petugas mesti tetap anjangsana kepada publik agar hubungan kedekatan tetap terjaga dengan baik”, tambah Pak Dosen.

Prakata singkat dari narasumber berlanjut menjadi diskusi dan tanya jawab.

“Eksistensi petugas bisa dilakukan melalui pemanfaatan dan pengembangan konservasi keanekaragaman hayati. Misalnya ‘Plant Growth Promoting Rhizobacteria’ (PGPR) yang saat ini kami kembangkan”, ungkap Agus Yudantara, Polhut dan Idin Abidin, petugas PEH.

“PGPR merupakan suksesor dalam pertanian. PGPR juga bernilai ekonomis sehingga sangat memungkinkan membentuk jaringan kerja yang luas”, kompak mereka berdua.

Sementara Gandi Mulyawan, Penyuluh Kehutanan menanyakan, “Akibat Corona, semua wisata ditutup sehingga masyarakat kesulitan secara ekonomi. Nah bagaimana cara mengatasi ini Pak?”.

Narasumber menjawab, “Kebutuhan pokok seperti pangan yang paling diutamakan saat pandemi. Jadi, memang kebutuhan lainnya di kesampingkan dulu”.

“Tapi tak usah galau. Karena bila ada produk pangan dalam aktivitas wisata, itu masih bisa eksis di pasar online”, jawabnya.

Kemudian Kuswandono, Kepala Balai TNGC menyimpulkan, “Mari bagikan pemahaman yang bermanfaat terkait taman nasional dalam masa pandemi ini sehingga eksistensi kita tetap terjaga dengan baik”.

#sobatCiremai mari tetap eksis di dunia maya dan dunia nyata saat krisis dengan cara yang positif serta bermanfaat bagi sesama kita.

[Teks & Foto © Tim Admin -BTNGC | 052020]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: