Yuk Kenali Kipait


.
Kipait atau bunga bulan atau paitan atau “Tithonia diversifolia” ialah tumbuhan berbentuk seperti bunga matahari yang kelopaknya berwarna kuning dan inti bunga berwarna jingga.
.
Bunga ini disebut juga sebagai “Mexican sunflower” atau bunga matahari Meksiko karena berasal dari Meksiko yang menyebar ke negara-negara tropika basah dan subtropika di Amerika Selatan, Asia, dan Afrika.
.
Kipait termasuk dalam famili “Asteraceae”. Tanaman ini bisa tumbuh pada tanah yang kurang subur. Ia acap kita jumpai di semak di pinggir jalan, lereng-lereng tebing atau sebagai gulma di sekitar lahan pertanian.
.
Tumbuhan liar ini dapat tumbuhan pada 2 sampai 1000 meter di atas permukaan laut (mdpl).
.
Nah manfaat Kipait yakni sebagai bahan pupuk organik.  Keunggulannya cepat terdekomposisi dan melepaskan unsur Nitrogen, Fosfor, dan Kalium yang tersedia.
.
Rebuslah tanaman Kipait lalu minum airnya secara rutin untuk menurunkan kadar ‘glukosa’ dalam darah sehingga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes atau kencing manis.
.
Kipait juga bisa mengobati gatal-gatal dan kudis. Caranya rebuslah daun Kipait kemudian airnya digunkan mandi. Sedangkan daun sisa digosokan pada area yang gatal.
.
Mungkin #sobatCiremai bisa menambahkan manfaat lain dari Kipait!. So, mari kenali tumbuhan sekitar kita secara digital.
.
[Teks & Foto © Tim Admin -BTNGC | 052020]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: