Yuk Kenali Manfaat Timun Suri


.
Tentu sobat sudah tak asing dengan Timun Suri kan?. Ya, buah yang banyak muncul ketika bulan puasa ini memiliki bentuk lonjong dengan warna kulit hijau kekuning-kuningan dan tekstur dagingnya cenderung lembut serta mengandung banyak air.
.
Walau nama buah ini menggunakan nama timun, tapi nyatanya Timun Suri salah satu anggota keluarga labu-labuan atau “Cucurbitaceae”. Ia masih satu keluarga dengan buah labu dan melon.
.
Buah ini memuat beragam nutrisi seperti asam linoleat, vitamin A, vitami C, kalium, potasium, dan magnesium yang berkhasiat baik untuk tubuh.
.
Nah selain sebagai santapan berbuka yang menyegarkan saat buka puasa, apa saja manfaat timun suri yang baik untuk kesehatan?.
.
Pertama, mencegah penyakit Alzheimer. Kandungan vitamin K dalam Timun Suri sangat penting untuk meningkatkan massa tulang dan mengembangkan osteotropik pada persendian. Vitamin K ini juga dipahami sebagai obat untuk membatasi kerusakan neuronal di otak.
.
Ke dua, sebagai sumber antioksidan. Dikutip dari Mayo Clinic, timun suri mengandung beberapa zat antioksidan, termasuk vitamin C, beta karoten, flavonoid, triterpen dan lignan yang memiliki sifat anti-inflamasi. Nah, vitamin C juga terkenal akan manfaat sistem kekebalan tubuh, dan beta karoten terbukti bermanfaat bagi penglihatan mata.
.
Ke tiga, membantu sistem pencernaan. Buah Timun Suri mengandung air dan serat yang melimpah, maka tak heran kalau buah ini juga baik untuk sistem pencernaan.
.
Terakhir, mengandung zat anti kanker. Menurut sebuah penelitian 2010 yang dipublikasikan di Scientific World Journal, para ilmuwan telah menemukan kandungan saponin dalam timun suri dapat membantu mengahalangi jalur sinyal yang penting untuk mencegah munculnya sel kanker dan kerusakan metabolisme tubuh.
.
#sobatCiremai, mari kenali tumbuhan sekitar kita melalui internet ya!.
.
[Teks © Tim Admin, Foto © IG @done.to.eat @akhielicious @bayu_permana22 @andri_surya @carolinelc88 -BTNGC | 052020]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: