Bila Nanti Dibuka, Begini Tips Mendaki Gunung Aman dan Sehat Era New Normal


.
Saat ini aktivitas pendakian gunung Ciremai masih ditutup dan baru akan dibuka bila pembukaan tahap I dinilai berhasil. Meskipun demikian, dunia pendakian memang selalu menarik untuk diperbincangkan.
.
Iya, kemarin sore Harley Sastha, pewarta Federasi Mountaineering Indonesia (FMI) yang hobi menjelajah taman nasional menggelar ‘zoom meeting’ dengan tema Mendaki Gunung Aman dan Sehat di Masa Pandemi (25/6).
.
Pada bincang online kali ini, ia undang bintang tamu dokter Sophia Hage, Spesialis Kedokteran Olahraga dan dokter Franky Moudy Romondor, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid 19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bandung.
.
Hadir pula Kuswandono, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) dan Ripto Mulyono, Tim Everest ’97 FMI sebagai narasumber.
.
“Tanpa ada pandemi Covid 19 pun aktivitas di alam tetap beresiko terhadap keamanan dan kesehatan, apalagi saat pandemi begini sudah pasti beresiko,” buka dokter Sophia Hage.
.
Menurut dokter Sophia Hage, aktivitas di luar ruangan atau di alam memiliki resiko tingkat sedang dalam penularan Corona.
.
“Jadi dengan mendaki gunung, kita berpotensi tertular virus dan atau menulari orang lain,” ungkap dokter cantik itu di hadapan 90an peserta.
.
“Kita harus kenali kebugaran diri sendiri sehingga tidak memaksakan naik gunung tanpa persiapan fisik dan mental yang baik,” katanya.
.
Sementara dokter Franky Moudy Romondor mengatakan setiap pendaki wajib mematuhi protokol kesehatan.
.
“Jangan remehkan masker, jaga jarak, dan cuci tangan. Karena itu adalah kunci sukses agar kita tetap sehat,” katanya.
.
Menurutnya meskipun kita berada di zona biru, bukan berarti kita boleh mengabaikan protokol kesehatan. Karena zonasi Covid 19 hanyalah indikator dalam periode tertentu yang bisa berubah naik atau turun.
.
“Kalau kita tidak disiplin, bisa saja dari zona hijau naik ke zona biru atau bahkan zona merah. Tapi bila kita disiplin, tentu indikator kesehatan kita akan terus membaik,” katanya.
.
Kemudian Ripto Mulyono, Tim Everest ’97 FMI menganjurkan transfer pengetahuan kepada pendaki terkait pedoman mendaki gunung yang aman dan sehat.
.
“Ya, minimalmya ada ‘briefing’ atau ‘safety talk’ di base camp sebelum dan sesudah pendakian,” katanya.
.
Di penghujung acara, Kuswandono, Kepala Balai TNGC mengatakan kalau nanti dibuka pada tahap II, setiap pendaki wajib mengikuti prosedur yang berlaku.
.
“Booking online, cek kesehatan, cek perlengkapan, dan safety talk wajib dipenuhi agar semua pendaki gunung Ciremai tetap aman, tertib, nyaman, dan selamat,” ungkapnya.
.
#sobatCiremai, karena saat ini pendakian belum diperbolehkan, kita treking saja dulu ya.
.
[Teks & Foto © Tim Admin -BTNGC | 062020]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: